Rutan Balikpapan Gelar Perekaman eKTP Serentak bagi WBP

Jakarta, Patroli –
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (17/1), menyelenggarakan Rekam Cetak eKTP bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dilaksanakan di Ruang Pelayanan Tahanan.

Terselenggaranya Rekam Cetak eKTP bagi WBP merupakan kerjasama antara Rutan Balikpapan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Balikpapan.

Sesuai dengan surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-UM.01.01-08 tanggal 14 Januari 2019 perihal Rekam Cetak eKTP bagi para Narapidana/Tahanan di Lapas, Rutan dan LPKA bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan melakukan rekam cetak eKTP pada tanggal 17 sampai dengan 19 Januari 2019 di seluruh Lapas, Rutan dan LPKA di seluruh Indonesia.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Kemendagri telah membentuk Tim Rekam Cetak yang melibatkan KPUD, Didukcapil dan Bawaslu kota setempat dalam mendampingi proses cetak rekam eKTP bagi WBP pada Lapas, Rutan maupun LPKA.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk memudahkan WBP dalam memiliki eKTP dengan tujuan nantinya hak konstitusional mereka sebagai pemilih dapat terpenuhi dan digunakan dalam Pemilu serentak tahun 2019 mendatang.

Hadir sebagai undangan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat untuk menyaksikan dan mengikuti pembukaan kegiatan. Panitia pelaksana juga meminta bantuan serta berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri guna menjaga kondisi aman dan kondusif.

Saat pelaksanaan rekam cetak, disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Kalimantan Timur Yudi Kurniadi, yang didampingi Kepala Divisi Administrasi (Kadiv Min) Kepala Divisi Keimigrasian (Kadiv Im), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadiv Yankum), serta perwakilan instansi terkait dari Disdukcapil, KPUD, dan Bawaslu Kota Balikpapan.

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenkumham Kaltim Yudi Kurniadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

“Baik pihak KPUD, Dukcapil, Bawaslu dan seluruh undangan yang hadir, petugas keamanan sehingga pelaksanaan berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Yudi Kurniadi dikutip situs kaltim.kemenkumham.go.id, Jumat (18/1).

Usai meninjau dan berdialog dengan beberapa WBP yang melakukan perekaman eKPT, Kakanwil juga menyempatkan waktunya untuk memantau kegiatan WBP yang berada di Rutan Balikpapan.

Dimulai dari Blok Wanita yang sedang beraktifitas kegiatan menjahit sampai dengan pengecekan sarana dapur dan kondisi kamar hunian yang ditempati oleh para WBP.

Kemudian kunjungan dilanjutkan melihat hasil kebun yang dikerjakan oleh WBP berupa sayuran dan tanaman yang dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan.

Selain itu terdapat pula budidaya ikan hias yang dikelola secara baik sehingga dapat menjadi salah satu program dalam pembinaan para WBP didalam menjalani pembinaan selama masa tahanan.

Kakanwil juga mengingatkan kepada seluruh Jajaran Pemasyarakatan untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan tetap bekerja sesuai prosedur dan peraturan yang telah ditetapkan.

“Para penjaga tahanan sudah seharusnya bekerja dengan benar dan mampu membina WBP agar menjaga suasana tetap kondusif dan aman,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *