Kualitas Terancam, Pemasangan Turap Terkesan Asal Jadi. Proyek Siapa?

Karawang, Patroli-
Proyek pemasangan turap di kali Cilamaya, tepatnya di pinggir bantaran kali Cilamaya yang berhimpitan dengan jalan umum yang berada di wilayah Desa Barugbung Kecamatan Jati Sari Kabupaten Karawang, di duga asal jadi hingga mengancam kualitas.

Pasalnya dari berbagai informasi yang berhasil dihimpun, proyek yang belum lama dikerjakan namun kini kondisinya sudah longsor dan ambrol, sehingga melongsorkan sebagian bahu jalan umum yang menghubungkan ke Kampung Bakan Cirebon Desa Cijunti Kecamatan Cempaka Kabupaten Purwakarta. 

Hasil temuan wartawan Media Patroli pada Senin (15/6) lalu, pemasangan turap dengan batu belah dengan cara beronjong disinyalir asal-asalan.

Pasalnya turap yang seharusnya menjadi penopang jalan guna mengantisipasi longsor susulan ternyata gagal menahan sewaktu terjadi longsor susulan.

Alih-alih bisa menahan longsor, malah terdorong menggeser jauh sampai tenggelam kedalam sungai tersebut. Akibatnya ancaman jalan dari longsor tetap tidak terelakkan.

Bahkan terakhir kondisi jalan pun nyaris putus, hampir tidak bisa di lalui terutama kendaraan roda empat. Hal itu dinilai sebagian kalangan masyarakat pertanda pemasangan turap tersebut terkesan asal jadi, sehingga mengancam akan qualitas.

Tergesernya turap yang terdorong tanah hingga longsor, diduga pemasangan pondasinya asal tertempel saja di permukaan tanah lumpur alias tidak di gali secara dalam, bahkan tidak terdapat pancang sama sekali.

Yang lebih parah lagi mengenai pengerjaannya tidak ada informasi petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis (juklak dan juknis) atau Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang biasa terpampang di plang papan nama, sehingga terkesan proyek tersebut fiktif belaka.

Kepada media patroli, seorang warga yang tidak mau namanya disebutkan menyanyangkan kejadian longsornya bahu jalan akibat dari pelaksaanaan yang terkesan tidak becus.

Menurutnya jika pelaksanaan pembangunan tersebut terus dibiarkan, berapa lamakah dari mulai pengerjaan sampai finish. “Bagaimana petunjuk pelaksananya? bagaimana pula petunjuk teknis dalam pengerjaan proyek tersebut?,” ujarnya.

Sementara terkait anggaran biaya proyek pemasangan turap di pinggir bantaran kali Cilamaya yang berhimpitan dengan jalan umum yang berada di wilayah Desa Barugbung Kecamatan Jati Sari Kabupaten Karawang hingga saat ini pun masih menjadi tanda tanya.

“Berapa anggaran biayanya? Dan dari mana sumber dana tersebut,” ujar salah seorang aktivis sosial yang juga bersama media patroli turut memantau di lokasi. (Dlng/Oen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *