Choir Polda Bali Raih Golden Medal di Italia

Jakarta, Patroli-
Praise the Righteous God (PRG) Choir Polda Bali berhasil meraih Predikat Golden Diploma Level 1 pada Festival Rimini International Choral Competition 2019, di Teatro Degli Atti, Italia, Jumat (20/9).

Pada kompetisi yang diikuti negara-negara seluruh dunia itu, choir asuhan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R Golose sukses meraih golden medal dengan nilai point 86,60.

Ketua Umum Bhayangkari Tri Tito Karnavian didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Bali Barbara Golose turut menyaksikan langsung di saat  acara puncak kompetisi choir Internasional itu digelar.

Festival Rimini International Choral Competition 2019 dimulai pukul 15.00 waktu setempat, diawali penampilan Chorus Ostrava dari Czech Republic, menyusul kemudian Usmev dari Slovekia, Karameles dari Latvia, Nova Alianca dari Angola dan Krasnoyarsk City Childern’s Choir dari Russia.

Masuk dalam kategori D yaitu folksong dan gospel traditional, Choir Polda Bali tampil pukul 16.15 waktu setempat, sebelum Ozomo Koloso dari Rusia tampil sebagai penutup.

Walau hanya tampil 15 menit dari pukul 16.15 sampai pukul 16.30 sesuai waktu yang ditentukan, namun Choir Polda Bali mendapat aplaus luar biasa dari penonton dan peserta dari negara lain.

Sementara itu, Direktur Artistik Kompetisi Andrea Angelini menyebutkan, bahwa tujuan kompetisi Choral Rimini tidak hanya semata bersaing antara satu kelompok dengan kelompok yang lain, tetapi juga untuk menyajikan karakteristik dan keragaman dari masing-masing paduan suara dan repertoar kepada penonton.

“Kompetisi berlangsung dalam suasana indah kota Romawi kuno yang terkenal dengan keindahan pantainya dan kaya monumen dari masa lalu yang indah,” ujar Andrea Angelini dalam situs resminya.

Pasca kompetisi digelar, Choir Polda Bali juga berkesempatan tampil di depan masyarakat umum di Rimini Piazza Cavour, dengan disambut antusiasme sangat luar biasa masyarakat setempat.

Kemudian, peraih predikat Golden Diploma Level 1 itu juga terpilih untuk mengisi acara bersama sama dengan 5 negara Eropa lainnya pada malam Friendship Concert yang berlangsung Sabtu (21/9) pukul 21.00 waktu setempat.

Pada kesempatan itu Choir Polda Bali juga menyerukan salam perdamaian “From Bali we share love and harmony” bagi seluruh dunia.

Choir Polda Bali merupakan paduan suara yang anggotanya terdiri dari anggota Polri aktif berpangkat brigadir hingga perwira pertama gabungan dari berbagai fungsi kepolisian Polda Bali, sekaligus choir yang pertama kali ikut berkompetisi pada ajang bertaraf internasional.

Rimini International Choral Competition 2019 ini merupakan yang ke 13 kali diadakan dengan juri yang dihadirkan dari Australia, Italia , Estonia, dan Singapore. Peserta yang berkompetisi pada ajang tersebut berkemampuan denagn kualitas seni suara yang meningkat dari tahun ke tahun. (Mf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *