Optimalkan Pembangunan dan Program Pemerintah, 6 Desa di Garut Jabar Bangun Sinergitas

Garut, Patroli-
Sebanyak 6 desa yang berada di wilayah Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Jawa Barat, melakukan optimalisasi beberapa program pemerintah, diantaranya perbaikan jalan maupun pembangunan desa.

Keenam desa yang melaksanakan optimalisasi menggunakan Dana Desa (DD) maupun Infrastruktur Pedesaan (IP) tersebut, diantaranya adalah Desa Cinta Asih, Desa Cinta Rasa, Desa Suka Karya, Desa Tanjung Karya, Desa Tanjung Anom, dan Desa Parakan.

Kepala Desa (Kades) Cinta Asih Ade Muhamad Sopian kepada awak media mengatakan, bahwa dalam melaksanakan pembangunan pihaknya selalu melakukan monitoring ke setiap desa.

Alhasil pembangunan dan optimalisasi ke enam desa yang dikomandoi olehnya itu menampilkan perkembangan semua aspek pembangunan yang terbilang cukup pesat, sehingga mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

“Alhamdulilah untuk 6 desa tersebut kami terus melakukan monitoring yang tentunya juga dengan koordinasi yang baik, sehingga dalam pelaksanaan pembangunanya berjalan baik dan merata ke semua aspek,” kata Kades Ade, kepada media patroliborgol.com, di Garut, Jawa Barat, Senin (30/8).

Menurut Ade, selaku Kades dirinya merasa bersyukur karena di semua program Alokasi Dana Desa (ADD), DD, maupun IP dapat trealisasi dengan baik serta merata sesuai perencanaan.

Pada hari itu, awak media diberikan kesempatan oleh kepala desa untuk mengikuti kegiatan pengecekan ke enam desa yang sedang melakukan optimalisasi dan pembangunan di Kecamatan Samarang.

Dalam pantauan patroliborgol.com di beberapa lokasi, hasil yang terlihat memang sesuai dengan seperti yang disampaikan oleh Kades Ade kepada awak media.

“Mulai dari jalan, hingga Kantor desa juga dilakukan pembangunan dan optimalisasi,” imbuh pria yang akrab disapa Abah Empi itu, di ruang kerjanya.

Ditambahkan oleh Kades Ade, bahwa Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) semua juga terealisasi dengan baik dalam penerapannya sudah sesuai dengan spek dan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Sementara itu, Kades Cinta Rasa Sirod mengemukakan, bahwa guna mencapai hasil kinerja yang optimal dan maksimal dirasa perlu adanya kekompakan diantara sesama pengurus desa sehingga dapat terjadi sinergitas dengan lapisan sektor pimpinan (leading sector).

“Kami mengharapkan kepada pejabat kepala desa juga staf lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Samarang harus membangun kekompakan yang baik, karena dengan itu Insya Allah akan lebih bersinergi dengan lapisan leading sector, baik ke pemerintahan maupun lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Menurut Kades Sirod, dengan terlaksananya pembangunan dan optimalisasi ke enam desa dengan sinergitas yang baik, maka memperlihatkan hasil perkembangan yang cukup signifikan serta kepercayaan di mata publik. (Ujang S./Foto: Dok.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *