Desa Sukakarya Samarang Garut Alokasikan DBH Bangun Sarpras dan Fasilitas Umum

Garut, Patroli-
Dari beberapa desa di Kecamatan Samarang yang mendapatkan Dana Bagi Hasil (DBH) PT Star Energy Geothermal Darajat (Star Energy), salah satunya adalah Desa Sukakarya di wilayah Garut, Jawa Barat.

Kepala Desa Sukakarya Aep Saepudin kepada awak media menjelaskan bahwa bantuan dari bonus produksi panas bumi Star Energy pihaknya mendapatkan anggaran sebesar Rp 383 juta.

Menurutnya alokasi bonus produksi antara lain untuk pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) dan fasilitas umum bagi keperluan masyarakat Desa Sukakarya.

“Digunakan untuk pembangunan rutilahu (asrama) sebanyak 12 unit, tambal sulam, sarpras keagamaan, rehab kantor desa juga berikut halaman depan dan keperluan alat tulis kantor (ATK) keperluan kantor desa,” ujar Kades Aep, di ruang kerjanya, Selasa (15/12).

Pengunaan atau alokasi dana ini, sambungnya, berdasarkan hasil musyawarah dan kebutuhan masyarakat yang memang harus segera direalisasikan. “Semua sudah sepakat dengan alokasi tersebut,” tuturnya.

Kades Aep Saepudin bersama warga Desa Sukakarya Atas mengaku bersyukur akan adanya bantuan bonus produksi dari Star Energy karena keperluan masyarakat desa akan sarpras maupun fasilitas yang belum terpenuhi dapat terealisasi.

“Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah dan juga Star Energy atas bonus produksi yang diberikan kepada Desa Sukakarya,” imbuhnya. (Ujang Slamet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *