Masyarakat dan Pemdes Ciasmara Bogor Gelar Syukuran Lapangan Sepak Bola

Bogor, Patroli-
Pemerintah Desa Ciasmara menggelar acara syukuran lapangan sepak bola yang terletak di Kampung Kebon Alas Lebak RT 01 RW 08 Desa Ciasmara Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Senin (23/11).

Kepala Desa (Kades) Ciasmara Junaedi dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan hari itu dilaksanakan dalam rangka syukuran atau peresmian lapangan desa atau tanah kas Desa Ciasmara yang pembangunannya dikucurkan dari bonus produksi PT Star Energy (SE) Pamijahan.

“Saya berterima kasih kepada ketua pelaksana pembangunan lapangan sepak bola di atas tanah kas desa, Tim Pelaksana Kerja (TPK) RW 01 sampai RW 11 yang sangat antusias untuk melaksanakan pembangunannya,” ucapnya.

Menurut Junaedi, dirinya juga berterima kasih atas partisipasi dari seluruh pemuda RT maupun RW yang telah melaksanakan kegiatan gotong royong di lapangan.

“Juga terutama ibu-ibu PKK yang sangat antusias juga untuk melaksanakan gotong royong di lapangan atau di tanah kas Desa Ciasmara ini. Alhamdulilah terima kasih atas kerja sama semua pihak sehingga kita semua bisa menikmati atau bisa mengunakan lapangan ini,” tambahnya.

Disebutkan oleh Kades Junaedi, bahwa lapangan tersebut sudah bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga masyarakat Desa Ciasmara, tinggal diatur jadwal pemakaiannya secara bergilir.

“Lapangan ini tidak buat olah raga saja. Silahkan kepada seluruh masyarakat digunakan untuk kegiatan apapun yang penting positif. Seperti hajatan tinggal ijin sama Pemdes atau pengurus lapangan,” ujarnya.

Ditegaskan oleh Junaedi, bahwa pihaknya memperjuangkan pembangunan demi kemashalatan masyarakat, terutama untuk pembangunan di segala bidang bagi masyarakat Desa Ciasmara.

“Saya berjuang bukan untuk pribadi. Saya ingin mewujudkan pembangunan yang maksimal. Insya Allah kalau memang kita selalu ada kebersamaan dengan masyarakat cita-cita masyarakat pasti bisa terwujud,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Daday selaku TPK Pembanguna Lapangan Sepak Bola Desa Ciasmara menambahkan bahwa anggaran yang digunakan bersumber dari PT SE Pamijahan dengan nilai sebesar Rp 1 miliar 72 juta.

“Pengadaan lahan dan pembelanjaan barang sampai dengan pemerataan dan pembangunan dilaksanakan hingga selesai dan anggarannya sudah terserap semua,” ungkapnya.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada semua pihak di desa yang mendukung pelaksanaan hingga rampung.

“Sebelum kita pergunakan sarana olah raga, ruang terbuka hijau, atau ruang publik Desa Ciasmara, mari kita semua bersyukur kepada Allah SWT dan memohon keselamatan. Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang bahu membahu selama kurang lebih delapan bulan dalam proses pelaksanaannya,” tuturnya.

Tak lupa Daday mengajak masyarakat untuk saling menjaga dan merawat lapangan hasil perjuangan bersama-sama Pemdes dan masyarakat Desa Ciasmara.

“Mari kita semua merawat, menjaga dan melestarikan yang sudah kita perjuangkan tanah kas desa ini, karena ini kita miliki bersama,” pungkasnya.

Tanah kas desa yang dipergunakan untuk lapangan sepak bola, saat ini legalitasnya sedang dalam, proses pengurusan di tingkat kabupaten dan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Nantinya lahan tersebut akan disertifikatkan atas nama Pemdes Ciasmara agar tanah kas desa ini menjadi milik seluruh masyarakat Desa Ciasmara hingga di masa yang akan datang. (Rumly/Foto: Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *