Raker ke III Sekber Dihadiri Kadis Kominfo dan Sekda Kota Depok

Depok, Patroli-
Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Kota Depok menggelar acara Rapat Kerja (Raker) ke tiga tahun 2020 di Duta Futsal Fitness Swimpool & Meeting Room, Sugutamu Bakti Jaya, Depok Timur, Kamis (17/21).

Acara yang dihadiri pengurus dan anggota Sekber sebanyak kurang lebih 30 orang itu dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Sidik Mulyono dan ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono.

Pada kesempatan itu, Kadis Kominfo Sidik Mulyono dalam sambutannya menyatakan apresiasinya kepada Sekber Wartawan Kota Depok yang telah menggelar Raker untuk ke tiga kalinya. Sejak awal hingga menginjak di usianya yang ke 4, ia mengaku telah mengikuti perjalanan organisasi pers yang berdiri sejak tahun 2017 itu.

Dirinya melihat Sekber Wartawan Kota Depok konsisten dalam menjalankan sebuah organisasi profesi yang berbadan hukum, sehingga kedepannya Sidik berharap Sekber ke depan bisa menjadi role model organization yang bermitra dengan pemerintah, khususnya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Sekber sebagai jurnalis punya marwah, pemkot sebagai pemerintah juga punya marwah sendiri. Sama-sama tugas, kita bermitranya dari sisi saling mengisi,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Kadis Kominfo Kota Depok itu juga memberikan pemaparan metode Agile Organization, yaitu langkah-langkah membentuk sebuah organisasi yang efektif.

Kepada pengurus dan anggota Sekber yang hadir hari itu, Sidik memberikan motivasi dengan membagi pengetahuan bagaimana membentuk organisasi yang efektif dengan metode agile organization.

Menurutnya ada beberapa hal yang harus diketahui secara utuh dalam menjalankan sebuah organisasi, diantaranya adalah knowing your self atau mengenal diri sendiri, stay focus (selalu fokus), dan never give up alias jangan pernah menyerah.

“Kita harus merasa bodoh saat membaca sebuah tulisan. Jangan pernah menyerah, karena selama kita tidak menyerah maka masih punya kesempatan. Tapi saat kita menyerah, disitu kita gagal,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekda Kota Depok yang hadir dipenghujung acara Raker dalam sambutannya mengajak Sekber Wartawan Kota Depok ikut berperan aktif mengisi pembangunan Kota Depok mulai dari perencanaan.

Disebutkan oleh Sekda Hardiono, bahwa Raker yang digelar oleh Sekber Wartawan Kota Depok merupakan sarana menyusun dan mencapai tujuan bersama organisasi yang sudah terintegrasi.

“Dengan adanya raker maka Sekber harus lebih responsif dan aktif menjalankan tugas dan fungsinya di tahun 2021, secara tersistem teratur dan terukur serta profesional akuntabel dan sinergi,” ujarnya.

Dirinya juga menegaskan, bahwa perlu ada satu hal yang di tanamkan dalam organisasi pers tersebut, bahwa setiap wartawan Sekber harus menjadi wartawan yang profesi di bidangnya.

“Oleh karenanya kegiatan Raker ini harus membawa manfaat penting yang mampu satukan gagasan dalam pengelolaan dan pengawasan pelaksanaan Rencana Kerja (Renja) Sekber di tahun 2021 mendatang,” ucapnya.

Hardiono juga berpesan, kedepan peranan utama Sekber senantiasa membangun koordinasi dan kolaborasi setiap waktu dalam keadaan apapun kepada stake holder dan segera wujudkan target -target yang telah disepakati dalam Raker ke tiga tersebut.

“Tingkatkan kerjasama dan koordinasi baik dalam skala intenal maupun eksternal, fokus pada pencapaian sebagai bagian dari komitmen dalam rangka mencapai kinerja melaksanakan program kerja 2021. Perlu dibuat Indikator kinerja dan indikator keberhasilannya,” tandasnya.

Kedepan Sekda Kota Depok itu berharap Sekber terus meingkatkan kompetensi pengurus dan anggotanya karena jika tidak bisa mengikuti perubahan bisa tergerus oleh sistem dengan sendirinya.

“Saya berharap Sekber dengan fungsinya, ikut mulai dari awal dalam mengisi pembangunan mulai dari perencanaan dan masuk dalam pelaksanaan dan masuk evaluasi maupun monitoring. Perencanaan program 2021 itu bisa disandingkan dengan program pemerintah tahun 2021-2026,” pungkasnya. (Fy/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *