Permudah Warga Kota Depok Urus Surat-Surat Penting Kependudukan, Disdukcapil Kembali Luncurkan Mesin ADM

Depok |
Warga Kota Depok kini dimudahkan dalam mengurus surat-surat penting kependudukan, seperti e-KTP elektronik, Kartu Keluarga (KK), Surat Kematian dan Akta Kelahiran. Kemudahan tersebut dikarenakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok meluncurkan program pelayanan kependudukan berbasis online Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ke dua.

“Alhamdullilah, Pemkot Depok terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, memudahkan warga dalam mengakses dokumen kependudukan,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris, saat meresmikan mesin ADM milik Disdukcapil, di pusat pembelanjaan Depok Town Square (Detos), Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, Senin (21/12).

Idris berharap kedepannya dengan mulai beroperasinya ADM yang tersedia di Detos dapat memaksimalkan pelayanan pembuatan berbagai dokumen kependudukan menjadi lebih cepat dan efektif. Ia juga menyampaikan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari adanya mesin ADM tersebut.

“Mencegah terjadinya pungutan liar (pungli). Terlebih di masa pandemi seperti sekarang yang memakai pelayanan serba digital. Warga bisa mengurus dokumen kependudukan secara online dari rumah, lalu cetak melalui mesin ADM,” tegas Wali Kota Depok terpilih dua periode itu.

Diungkapkan juga oleh Idris, bahwa tahun 2021 mendatang rencananya Kota Depok bakal dilengkapi sebanyak lima mesin ADM yang tersebar di beberapa wilayah. Misalnya di wilayah barat di Cinere, Limo atau wilayah timur seperti Tapos, dan Cimanggis.

“ADM yang pertama di The Park Sawangan merupakan hibah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sedangkan yang di Detos berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok. Pemkot akan memasang ADM di lokasi yang dapat menjangkau seluruh masyarakat Depok,” pungkasnya.

Sementara itu Kadisdukcapil Kota Depok Nuraeni Widayatti dikesempatan yang sama menyampaikan, bahwa Peresmian ADM di Detos ini merupakan yang ke dua setelah di The Park Sawangan.

Dirinya juga mengungkapkan, bahwa di tahun 2021 mendatang ditempat yang sama pihak Pemkot Depok berencana membangun satu gerai milik Disdukcapil. Menurut Nuraeni gerai yang akan dibuka di Detos ini bisa menjadi alternatif masyarakat untuk memperoleh pelayanan kependudukan.

“Di Detos kan sudah ada mesin ADM, nanti kami juga lengkapi dengan gerai. Sekaligus untuk perawatan mesin ADM. Kami terus sosialisasikan agar penggunaan ADM ini semakin maksimal,” tutur Kadisdukcapil Kota Depok itu.

Meskipun dibuka di pusat perbelanjaan, diakui oleh Nuraeni bahwa pihaknya tidak mengeluarkan biaya sewa untuk penempatan gerai. Untuk itu dirinya berterima kasih kepada pelaku usaha yang menyediakan tempat pelayanan terhadap masyarakat Kota Depok.

“Penempatan mesin ADM maupun rencana pembangunan gerai merupakan hasil kerja sama Pemkot Depok dengan pihak swasta. Mudah-mudah bisa terlaksana,” harapnya. (Fy/Foto: Ist./Diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *