Warga Dibantu Polisi Jebak dan Ringkus Komplotan Pencuri Burung

Garut, Patroli-
Warga bersama anggota Polsek Bayongbong berhasil menangkap dua orang pencuri burung milik warga di Kampung Cijelereun, Garut, Jawa Barat, Selasa (22/12).

Penangkapan dua pelaku berawal dari FI pemilik burung pada waktu b’ada subuh mendengar suara mencurigakan di lantai dua rumahnya dimana FI menaruh burung peliharaannya.

Setelah diperiksa, FI mendapati ada dua orang tidak dikenal sedang berusaha mencuri burung peliharaannya. Spontan FI langsung berteriak yang mengakibatkan para pencuri tersebut menjadi kaget dan panik.

Saat itu juga para pencuri pun berusaha kabur dengan cara langsung melompat dari lantai dua rumah FI ke jalan dan lari tunggang langgang. Warga yang mendengar teriakan FI langsung ikut mengejar para pelaku pencuri tersebut.

Tidak jauh di lokasi kejadian, warga yang sedang melakukan pengejaran menemukan mobil yang dianggap mencurigakan. Warga mendapati di dalam mobil tersebut ada satu orang yang sedang tertidur lelap.

“Pelaku yang di dalam mobil ini tidur lelap, kemungkinan dia mabuk obat sehingga tidak sadar ketika warga menciduknya,” ujar Mamat, warga setempat yang ikut melakukan pengejaran para pelaku pencurian.

Dari dalam mobil itu, warga mendengar suara handphone yang berdering terus menerus, kemudian warga pun mengambil handphone dan menjawab panggilan tersebut.

Sesuai dengan dugaan warga, panggilan tersebut ternyata dari salah satu pencuri burung yang tengah bersembunyi di tengah sawah untuk minta dijemput oleh salah satu pelaku yang berada di mobil tadi.

Selanjutnya warga melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Polsek Bayongbong, hingga akhirnya polisi bersama warga berupaya menjebak pelaku dan berhasil meringkusnya di tengah sawah.

Namun pelaku lain dari komplotan tersebut berhasil meloloskan diri dari kejaran warga serta membawa kabur barang curian berupa tiga ekor burung milik FI.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari pihak kepolisian di tempat kejadian perkara (TKP), para pelaku diduga merupakan komplotan dari wilayah Kecamatan Majalaya, Bandung, Jawa Barat. Polisi menduga masih ada dua pelaku lainnya yang saat ini masih dalam pengejaran.

Sementara itu berdasarkan keterangan FI yang menjadi korban pencurian, dirinya mengaku mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp75 juta. “Ada tiga ekor burung yang berhasil dibawa kabur pelaku dan satu ekornya ditaksir bernilai Rp 25 juta,” imbuhnya. (Ujang Slamet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *