Tepat Waktu dan Tepat Sasaran, Desa Pasirwangi Raih Penghargaan BLT DD

Garut, Patroli-
Desa Pasirwangi Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Penghargaan tersebut didapat karena Desa Pasirwangi dinilai berhasil menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) secara tepat waktu dan tepat sasaran sesuai dengan yang telah ditetapkan dan diterima oleh warga yang berhak.

Prestasi yang dilakukan oleh pihak Desa Pasirwangi telah ikut mensukseskan program pemerintah melalui Kemendes PDTT dalam mendorong upaya untuk mempercepat pencairan BLT-DD.

Setelah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyaluran BLT-DD tahap I sampai tahap 9 akhir Desember 2020, maka bagi desa yang telah menuntaskan pendistribusian dengan tepat waktu dan sesuai aturan yang telah ditetapkan bakal diberikan apresiasi dan penghargaan khusus dari Menteri Desa PDTT RI.

Penghargaan yang diterim oleh Desa Pasirwangi merupakan penghargaan yang diberikan kepada desa-desa yang masuk kategori terbaik di setiap kecamatan dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Piagam penghargaan dari Menteri Desa (Mendes) PDTT Abdul Halim Iskandar diserahkan secara simbolis oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kasi PMD) Kecamatan Pasirwangi Dian kepada Kepala Desa (Kades) Pasirwangi Ayi Sutisna, di halaman Kantor Desa Pasirwangi , Garut, Jabar, Selasa (29/11).

Kepada awak media Kades Ayi Sutisna menjelaskan bahwa penghargaan yang diraih Desa Pasirwangi tidak terlepas dari peranan Camat Pasirwangi yang selalu memberikan arahan serta membinaan.

“Terutama dalam menentukan usulan warga mana yang berhak menerima BLT-DD, dengan melakukan blusukan langsung di lapangan,” jelas Ayi.

Dirinya merasa bersyukur ketepatan dan kecepatan dalam pendistribusian BLT-DD kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19 di Desa Pasirwangi bisa terlaksana dengan baik dan lancar sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

“Sudah dilakukan secara benar dan sesuai aturan, yaitu secara langsung tunai kepada para Kader Pembangunan Manusia (KPM) masyarakat Desa Pasirwangi yang berhak,” imbuhnya. (Ujang Slamet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *