Wagub DKI Jakarta Dukung Giat Donor Plasma Konvalesen dan Ajak Penyintas Covid-19 Berpartisipasi

Jakarta, Patroli-
Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri dan mendukung kegiatan donor plasma konvalesen yang dilaksanakan Ikatan Keluarga Dewan (IKD) DPRD DKI Jakarta bersama Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dan Lions Club, di Kantor PMI DKI Jakarta, Selasa (2/1).

Wagub Ariza berharap semakin banyak penyintas COVID-19 yang berkenan dan berpartisipasi mendonorkan plasma konvalesen.

“Saya hadir di Kantor PMI DKI Jakarta dalam rangka mengikuti dan mendukung rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Ikatan Keluarga Dewan DPRD DKI Jakarta terkait donor plasma konvalesen bersama dengan Lions Club dan PMI DKI Jakarta. Kami menyambut baik,” kata Wagub Ariza, yang ditemani istrinya Ellisa Sumarlin.

Rangkain yang diikuti Wagub Ariza adalah pemantauan, pengambilan darah, dan penjadwalan donor plasma konvalesen. “Beberapa hari ke depan akan melakukan donor plasma,” katanya.

Dijelaskan oleh Ariza, sejauh ini, sebanyak 1.500 orang sudah mengikuti donor plasma konvalesen di PMI DKI Jakarta. Selain donor plasma konvalesen, Wagub Ariza juga mengimbau agar masyarakat yang sehat dapat mengikuti kegiatan donor darah.

“Para warga juga kami minta untuk mengikuti donor darah. Karena menurut data, sehari idealnya 1.000 bahkan 1.500 donor darah. Sejak pandemi, turun drastis, kurang lebih hanya 200 saja. Untuk donor plasma konvalesen, mudah-mudahan ini bisa membantu pasien COVID-19 yang membutuhkan plasma,” katanya.

Dirinya juga menambahkan, dalam penanganan pandemi ini, peningkatan berbagai fasilitas kesehatan juga terus berjalan. Pemprov DKI Jakarta berharap penambahan fasilitas kesehatan yang memadai juga berjalan di wilayah-wilayah penyangga.

“Data ketersediaan tempat tidur isolasi kami sebanyak 8.074 dari sebelumnya 6.663. Ada peningkatan. Yang terpakai 6.364, itu berarti 79 persen. Ruang ICU saat ini 1.121 dari sebelumnya 907. Yang terpakai 893, itu berarti 80 persen. Ini kurang lebih data kami, 20 persen warga non-Jakarta. Begitu pula pemakaman, 20 persen non-Jakarta,” ungkap Ariza.

Pihaknya juga memastikan penambahan lahan pemakaman terus berjalan. Berdasarkan data Dinas pemakaman Provinsi DKI Jakarta, sekitar 17.000 petak pemakaman dalam proses persiapan di Bambu Apus 2, Srengseng Sawah, Tegal Alur, Rorotan, Kramat Tiga, dan Pondok Gede.

“Dalam minggu-minggu ini insya Allah sudah siap. Tapi, kami berharap itu tidak terpakai, artinya kita bisa meningkatkan angka kesembuhan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan donor plasma konvalesen, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, Ketua IKD DPRD DKI Jakarta Novie Prasetio, Ketua Lions Club Metteyya Mahardhika Ninies, dan beberapa pejabat terkait lainnya. (Fy/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *