Puskesmas DTP Samarang Garut Gelar Vaksinasi Covid-19

Garut, Patroli-
Pusat Kesehatan Masyarakat Dengan Tempat Perawatan (Puskesmas DTP) Samarang Garut, Jawa Barat, Senin (1/2), menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas.

Vaksinasi ini merupakan program vaksinasi secara serentak yang secara resmi dibuka oleh Bupati Garut untuk para nakes di wilayah Garut khususnya.

Kepala Puskesmas DTP Samarang Elan Suherlan mengatakan, untuk vaksinasi awal ini pihaknya mendapatkan jatah sebanyak 60 vaksin untuk petugas puskesmas ditambah 6 vaksin untuk petugas klinik.

“Untuk tahapan vaksinasi yang dilakukan ini, berdasarkan aturan yang telah ditetapkan ada 4 tahapan alur vaksinasi,” ujarnya.

Elan menjelaskan, bahwa tahap yang pertama yang harus diikuti peserta vaksinasi adalah meja pendaftaran, kemudian dilanjut ke meja kedua skrining.

“Di meja kedua inilah akan terlihat apakah seseorang yang sudah tedaftar itu layak divaksin atau tidak. Apabila layak maka dilanjut ke meja ketiga yaitu vaksinasi dan selanjutnya ke meja ke empat observasi,” terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa bagi yang tidak layak divaksin terdapat beberapa kriteria diantaranya adalah ibu hamil, pengidap penyakit darah tinggi atau penyakit kronis lain.

“Kemudian orang yang yang terkena sakit flu dan juga bagi yang sudah pernah terkena positif covid-19,” pungkasnya.

Acara vaksinasi Puskesmas DPT Samarang yang digelar sejak pagi hari berjalan lancar tanpa kendala dan selesai pada pukul 13.00 WIB sesuai dengan perencanaan pelaksanaan. (Ujang Slamet/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *