Pohon Hutan Lindung Ditebangi OTK, Masyarakat Lapor ke Lembaga Perlindungan Hutan

Garut,Patroli-
Masyarakat Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengadukan adanya kegiatan penebangan pohon di kawasan hutan lindung Gunung Kuda Kelong, yang kerap dilakukan orang tak dikenal (OTK).

Menanggapi peristiwa tersebut masyarakat setempat akhirnya mengadukan persoalan ini kepada Lembaga Perlindungan Hutan Belantara Ampuh Indonesia.

Kepada Media Patroli, masyarakat menyampaikan bahwa sebelumnya mereka pernah mengadukan kegiatan penebangan liar tersebut ke pihak Perhutani namun tidak ada tanggapan, bahwan terkesan diabaikan.

Ketua Umum Belantara Ampuh Indonesia Mallau saat dikonfirmasi awak media mengemukakan, bahwa masyarakat Kecamatan Cihurip Garut sebetulnya sangat antusias dalam memelihara hutan agar tetap lestari.

“Namun demikian, masyarkat kebingungan harus kemana mengadukan persoalan tersebut. Banyak masyarakat yang sudah melaporkan ke aparat berwenang namun belum ada tanggapan,” kata Mallau di Garut, Jawa Barat, Kamis (4/2).

Menurutnya masyarakat sempat mempertanyakan persoalan ini kepada Belantara Ampuh Indonesia terkait apa yang harus dilakukan jika ada peristiwa  pengrusakan hutan yang dilakukan untuk kepentingan pribadi.

“Atas aduan tersebut Belantara Ampuh Indonesia siap menjadi garda terdepan untuk melakukan pengawasan hutan,” tegas Mallau.

Nantinya, sambung Mallau, laporan tersebut akan dilanjutkan ke tingkat level yang lebih tinggi dalam penanganan secara pidana tentang perusakan hutan.

Bahkan, diungkapkan oleh Mallau pihaknya juga sudah melayangkan surat permohonan audiensi dengan Perum Perhutani KPH Garut untuk membahas terkait persoalan ini. “Sudah menembuskan surat tersebut dan sudah diterima Perhutani,” imbuhnya.

Sementara saat dikonfirmasi awak media, pihak Perum Perhutani KPH Garut belum dapat ditemui karena sedang menjalani work from home (WFH) atau bekerja bekerja dari rumah lantaran masih berlangsung masa pandemi Covid-19. (Ujang Slamet/Foto: istimewa/Ilustrasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *