Jojon Terpilih Jadi Kades Cibeber II Bogor untuk Masa Bakti Tahun 2021-2027

Bogor, Patroli-
Suwarjo yang akrab disapa Jojon akhirnya dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi Kepala Desa (Kades) Cibeber II Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk masa bakti 2021-2026.

Jojon secara sah mengemban amanah Desa Cibeber II setelah dilantik oleh Bupati Ade Yasin bersama sebanyak 88 kades se Kabupaten Bogor, di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (5/11).

Saat ditemui awak media, Kades Suwarjo mengemukakan bahwa gebrakan awalnya dalam cita-cita membangun Desa Cibeber II diantaranya adalah dengan mencanangkan beberapa program pembangunan.

“Langkah pertama saya dalam memajukan desa adalah menjalankan Program Satu Milyar se Desa atau Samisade,” tegasnya kepada wartawan Media Patroli, di ruang kerjanya, Kamis (11/2).

Menurutnya yang harus dilakukan sebelumnya adalah pembenahan perangkat desa. “Yaitu yang mampu bertanggung jawab, berpengalaman supaya bisa menyusun adminitrasi, melaksanakan pembangunan serta saling memberikan informasi laporan dari masyarakat biar langsung cepat ditangani,” ucapnya.

Ditambahkan oleh Kades Suwarjo, dalam upaya meningkatkan segala pelayanan yang lebih baik, dalam menjalankan tugas sebagai aparatur setempat ada penambahan staf desa yang tadinya hanya ada enam orang kini bertambah menjadi sembilan orang.

“Ada penambahan, sekarang Kepala Seksi (Kasi) ada tiga orang, Kepala Urusan (Kaur) tiga orang, staf 2 orang, dan Sekretaris Desa (Sekdes). Sedangkan terkait soal RT dan RW, saya kembalikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Adapun mengenai pembangunan infrastruktur, sambungnya, dana yang akan digunakan merupakan kucuran dari Program Bupati Bogor yang pengajuannya sudah dilakukan oleh Kades yang menjabat sebelumnya.

“Saya hanya melanjutkan. Program Samisade di Cibeber II diantaranya adalah mengadakan perbaikan jalan dengan aspal atau hotmix yang dimulai di salah satu dusun, di RW 01 dan RW 02,” jelasnya.

Dirinya juga mengimbau jajaran serta masyarakat agar ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini untuk tertib dan lebih fokus dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Ini menjadi tugas bersama, dan saya akan terus mengimbau ke setiap RT dan RW untuk terus mensosialisasikan program dan gerakan 3M, khususnya di lingkungan masyarakat Desa Cibeber ll,” kata Suwarjo.

Namun Suwarjo tidak memungkiri, walaupun dirinya memiliki segudang program pembangunan desa, masih ada program-program dari Kades sebelumnya yang harus dijalankan dan dilanjutkan. Menurutnya perlu ada kerjasama agar tujuan pembangunan dapat terlaksana sesuai rencana.

“Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tentunya kita butuh adanya kerjasama pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, karena tanpa adanya kerjasama apapun bentuk program tidak akan terealisasi. Apalagi saya jadi kades baru saja dilantik,” imbuhnya. (Rumly/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *