Kharisman Sihite: IHB Siap Bentuk Koperasi Nasional di Seluruh Indonesia

Jakarta |
Ketua Umum (Ketum) Indonesia Hebat Bersatu (IHB) Kharisman Sihite menggelar acara kunjungan kerja (kunker) ke wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Minggu (7/3).

Kunjungan Ketum Kharisman Sihite tersebut dalam rangka menjalankan program penguatan solidaritas pengurus dan anggota pada Dewan Pengurus Daerah (DPD) IHB Kota Tangsel.

Menurutnya, program penguatan solidaritas di tubuh IHB semuanya telah dirangkum dalam berbagai program yang sesuai dengan visi dan misi IHB.

“Penguatan solidaritas IHB, diantaranya penguatan ekonomi masyarakat dengan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui pembentukan Koperasi Nasional IHB kedepannya,” ujarnya, saat didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) IHB Julia Dewi Kusma Dardiati.

Menurut Sihite, dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk Koperasi Nasional di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di wilayah yang sudah terbentuk kepengurusan IHB mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota.

“Ke depan akan segera dibentuk, dengan mengundang seluruh perwakilan IHB mulai dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW), DPD, hingga Dewan Pengurus Cabang (DPC) IHB di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Visi dan Misi serta 3 Tugas Pokok IHB

Disebutkan oleh Kharisman Sihite, bahwa organisasi masyarakat (ormas) yang dibentuknya itu merupakan sebuah wadah perjuangan yang memiliki tiga tugas pokok utama dan lahir dari kesamaaan visi, misi dan tujuan para anggotanya.

“Bersifat sukarela untuk membangun pengurus dan anggota anggota serta masyarakat menuju adil dan sejahtera,” kata Ketum IHB periode 2019-2024 itu.

Kepada awak media di Depok, Jawa Barat, Senin (8/3), Sihite juga menjelaskan bahwa IHB memiliki tiga tugas pokok yaitu Bidang Advokasi, Edukasi, dan Bidang Sosialisasi.

“Bidang Advokasi dibentuk guna mencari solusi terhadap masalah melalui penegakan hukum. Kemudian bidang edukasi akan memfasilitasi kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) anggota dan masyarakat,” ungkapnya.

Disamping itu, lanjutnya, bidang edukasi bertujuan menjadikan anggota dan masyarakat menjadi lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu bersaing di dalam dan luar negeri dengan cara menjalin kerjasama kementerian dan lembaga negara, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan swasta.

Sementara di Bidang Sosialisasi, Sihite menambahkan, bahwa IHB dalam mewujudkan eksistensinya akan lebih dulu memperkenalkan diri ke tengah-tengah masyarakat luas.

“Terutama memasyarakatkan visi, misi, tujuan dan program-program terkait peraturan-peraturan dan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah maupun para pemangku keputusan,” tuturnya.

Saat ini kepengurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) IHB yang dinahkodai oleh Ketum Kharisman Sihite, Sekjen Julia Dewi Kusma Dardiati dan Bendahara Umum (Bendum) Sueni, dilengkapi dengan Dewan Pelindung dan Penasihat sebanyak masing-masing empat orang.

“Ditambah Dewan Pembina sebanyak tujuh orang, Waketum sebanyak empat orang, Wasekjen tiga orang dan Wabendum tiga orang. Sedangkan di bagian 11 divisi di isi 24 personil,” imbuhnya. (Fy/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *