Ikatan Alumni Universitas dan Institute di Jabar Ingin Pariwisata Garut Kembali Mendunia

Garut, Patroli-
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar acara Workshop Desa Wisata dan Digital Jawa Barat dalam agenda Jabar Culture & Tourism Festival (Jafest) 2021.

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (22/3).

Pada acara hari itu juga tampak hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut Diah Kurniasari, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Aji Sukarmaji, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan beberapa perwakilan desa.

Bupati Garut Rudy Gunawan pada kesempatan itu mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara lintas kementerian Indonesia maju dengan beberapa ikatan alumni universitas dan institut yang ada di Indonesia.

Disebutkan oleh Rudy, bahwa pada ajang tersebut beberapa alumni perguruan lainnya di Jawa Barat (Jabar) melakukan kolaborasi dengan beberapa kementerian.

Foto: Istimewa

“Ada alumni Universitas Padjajaran (Unpad), alumni ITB (Insitut Teknologi Bandung), UI (Universitas Indonesia) dan IPB (Insitut Pertanian Bogor), ini mau melakukan satu terobosan memberikan bimbingan  ke desa-desa dan pusat pariwisata unggulan di Jawa Barat,” katanya.

Dirinya juga mengajak semua pihak untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Garut, karena menurut Bupati Rudy Gunawan saat ini pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Garut minus 1,3 persen.

“Ayo kita kembangkan pariwisata di masa pandemi ini, karena kita minus 2 persen pertumbuhan ekonomi nasionalnya, dan Garut minus 1,3 persen, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan ekonomi daerah melalui pariwisata” ajaknya.

Disebutkan oleh Rudy, bahwa anggaran yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan hari itu sebanyak Rp 10 miliar dari Anggaran dan Pendapatan Daerah (APBD) Kabupaten Garut Tahun 2022 untuk pengembangan pariwisata.

“Jafest ini kami anggarkan 10 milyar. Pak menteri nanti akan datang ke Garut, dan meminta 5 destinasi. (Untuk alokasinya) misal yang ada yang perlu jalan, misalnya Karangsari Pakenjeng kemarin perlu jalan kurang lebih perlu 8 juta, kita kasih. Kita sediakan 10 milyar di APBD 2022,” ungkapnya.

Foto: istimewa

Bupati Garut itu juga menuturkan Jabar Culture Festival and Tourism Tahun 2021 ini menjadi jawaban atas langkah-langkah konkret yang akan dilakukan untuk membangkitkan pariwisata di Kabupaten Garut.

“Jabar Culture Festival and Tourism Tahun 2021 tentunya menjadi jawaban konkret yang disampaikan dengan kecerdasan dan juga dengan kesungguhan,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unpad Irawati Hermawan menyampaikan, bahwa keberadaan IKA Unpad dalam agenda ini merupakan inisitor kegiatan bersama dengan tiga ikatan alumni yang lain.

Foto: Istimewa

“Untuk membuat event Jabar  Culture & Tourism Festival (Jafest) yang sudah dimulai launching di Bogor,” kata Irawati, seraya mengungkapkan bahwa pihaknya ingin mendukung desa wisata yang ada di Garut.

Menurutnya khusus di Garut ini dirinya berharap dan ingin pariwisata Garut semakin maju. Ditegaskannya julukan sebagai Garut Swiss Van Java atau Swiss-nya Jawa Barat dengan alam yang sangat indah, potensi wisatanya luar biasa.

“Perlu dukungan dan kolaborasi semua pihak agar pariwisata Garut ini bisa kembali mendunia,” imbuh Ketua IKA Unpad itu. (Ujang Slamet/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *