Alami Luka Berat, Buruh Proyek Jatuh dari Ketinggian 5 Meter Saat Kerja Konstruksi

Kabupaten Tangerang, Patroli-
Nasib tragis dialami buruh bernama Sukardi, karena mengalami kecelakaan jatuh dari ketinggian 5 meter saat sedang bekerja di sebuah proyek konstruksi di daerah Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, pada hari Jumat (19/3) sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat dikonfirmasi awak media, Kamis (25), diketahui Sukardi mengalami peristiwa naas tersebut saat sedang menjalankan tugas dari mandor proyek untuk melakukan pekerjaan pemotongan besi pondasi atap gedung bersama rekannya.

“Ketika pemotongan selesai, korban ikut terbawa oleh besi yang di potong di atas tangga steger bersama rekannya dari ketinggian lima meter yang mengakibat Sukardi mengalami luka berat,” ujar pihak proyek yang tidak ingin disebutkan namanya.

Kemudian, sambungnya, pihak mandor perusahaan langsung membawa korban untuk berobat ke rumah sakit. “Karena takut diamputasi, dari pihak keluarga membawa Sukardi ke pengobatan alternatif patah tulang dan bekerjasama dengan pihak dokter,” ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa biaya pengobatan Sukardi sampai saat ini ditanggung perusahaan, namun untuk kompensasi pihak keluarga belum menerima. Sedangkan Sukardi masih dalam keadaan sakit dan juga sangat butuh biaya untuk hidup sehari-hari.

Sementara itu, dari pihak keluarga Sukardi mengemukakan bahwa warga di lingkungan tempat Sukardi tinggal berinisiatif menggalang bantuan dana untuk Sukardi dan keluarganya.

“Untuk biaya kebutuhan keluarga hanya bisa menunggu belas kasihan dari warga sekitar. Berkat inisiatif dari Bapak Saepul selaku Ketua RT 22 yang mau mengkoordinir warga untuk menghimpun dana bantuan yang terkumpul sebesar Rp 300 ribu dan sudah diterima keluarga,” ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak aparatur Desa dan Camat Jayanti Kabupaten Tangerang Banten hingga saat ini belum berkunjung ke rumah Sukardi guna mengecek kondisinya.

Sukardi merupakan pekerja buruh lepas dan bertempat tinggal di Jalan Kampung Kandang RT 22 RW 08 Desa Jayanti, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banten.

Sebelumnya Sukardi bekerja di pabrik yang beroperasi di daerah Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, namun karena efek dari pademi Covid-19 ia harus berhenti dari tempatnya bekerja.

Kemudia Sukardi melanjutkan pekerjaan sebagai buruh proyek di PT KBK yang sedang melakukan pekerjaan konstruksi pada perusahaan PT C di daerah Cikupa Kabupaten Tangerang, Banten.

Saat mengalami peristiwa kecelakaan jatuh dari ketinggian lima meter, Sukardi baru bekerja di perusahan PT KBK kurang lebih selama satu bulan.

“Keluarga berharap pihak perusahaan mau bertanggung jawab sampai korban sembuh dan memberikan konpensasi seusai dengan aturan yang berlaku,” pungkas salah satu kerabat Sukardi. (Syuhada/Foto: Ist./Dok.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *