Dipantau Kadiskominfo, Warga Mekarjaya Depok Antusias Sambut Pemanfaatan Wifi Gratis PJJ

Depok |
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono memantau langsung pemanfaatan wifi gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19 untuk wilayah RW 01 dan RW 16 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajay
a, Kota Depok, Jawa Barat.

Dijelaskan oleh Sidik, wifi gratis yang disediakan oleh Pemkot Depok mendapat respon yang baik dari warga. Menurutnya fasilitas tersebut tidak hanya untuk PJJ saja, tapi dimanfaatkan juga bagi pengembangan ekonomi kreatif.

“Pagi dan siang dimanfaatkan buat pembelajaran para siswa. Sedangkan sore dan malam oleh ibu-ibu untuk keperluan pengembangan ekonomi kreatif atau pun keperluan pengajian,” ujarnya dilansir portal depok.go.id, Kamis (25/03/21).

Meski saat ini setiap kegiatan dilakukan secara dalam jaringan (daring), Sidik menambahkan, namun warga tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Dia berharap, dengan kesadaran ini dapat membantu menekan penyebaran Covid-19.

“Mudah-mudahan ini menjadi salah satu upaya kita menekan penyebaran Covid-19 sehingga pandemi ini segera berlalu,” tuturnya.  

Kadiskominfo Kota Depok itu juga berharap keberadaan wifi gratis  ini dapat dimaksimalkan oleh warga, terutama untuk menunjang pembelajaran siswa dan pengembangan diri bagi warga sekitar.

“Kalau dikhususkan untuk PJJ saja, kan waktunya hanya sampai jam 12 siang, setelah itu sayang kalau tidak dimanfaatkan. Pemkot Depok menanggung pembayaran wifi ini hingga bulan Juni 2021,” pungkasnya.

Lurah Mekarjaya Zainal Arifin (baju putih) saat melihat anak-anak sedang menjalani PJJ di RW 30 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. (Foto: Ist.)

Sementara itu, Ketua RW 01 Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya Kota Depok Jawa Barat menyatakan antusiasnya dengan adanya program penyediaan wifi gratis untuk menunjang pelaksanaan PJJ tersebut.

Menurutnya program yang diinisiasi oleh  Pemkot Depok ini, dinilai sangat membantu siswa dalam mengikuti PJJ.

“Kami selaku pengurus lingkungan benar-benar sangat membutuhkan adanya wifi untuk anak-anak dapat melaksanakan PJJ. Jadi, dengan adanya wifi gratis dari Pemkot Depok ini, tentunya sangat membantu,” kata Rohendi.

Diungkapkannya, pemasangan wifi dilakukan di lokasi pengajian yang biasa dipergunakan oleh ibu-ibu menggelar pengajian, sehingga setiap hari banyak pelajar yang datang untuk menggunakan fasilitas ini.

“Setiap harinya ada sekitar 15 anak yang memanfaatkan wifi gratis ini, mulai dari siswa SD, SMP, dan SMA atau SMK,” jelasnya.

Terpisah Ketua RT 02 Nidah mengatakan bahwa pemanfaatan wifi gratis yang diberikan Pemkot Depok selain untuk PJJ juga dimanfaatkan ibu-ibu untuk melakukan pelatihan daring.

“Seperti mengikuti palatihan pengelolaan sampah serta melakukan pengajian secara daring. Untuk itu kami berharap diperpanjang seterusnya, tidak hanya saat pandemi saja,” imbuhnya.

Sejauh ini dalam upaya mendukung pelaksanaan PJJ, pihak Diskominfo Kota Depok telah memasang 1.345 titik wifi dari total 1.545 titik yang targetkan. Jumlah ini tersebar di sejumlah RW di Kota Depok. (Mh/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *