Capai 143 Ribu Kwintal, 3 Bulan Panen Tebu PTPN IX Kendal Hampir Usai

Kendal, Patroli-
PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) yang terletak di kebun Merbuh merupakan salah satu kebun milik PTPN IX yang berlokasi di Kecamatan Boja-Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Afdeling Kalipat adalah salah satu afdeling yang berada di Desa Ngareanak, Kecamatan Singorejo, Kabupaten Kendal. Dimana seluas 43 persendesa ada tanaman karet dan tanaman tebu milik kebun Merbuh.

Manager PTP IX Merbuh Kabupaten Kendal Joko Purnomo, melalui Musriyanto asisten kantor menjelaskan, pada saat ini PTPN IX Merbuh sejak tiga bulan terakhir sedang panen tebu dan sudah hampir selesai.

Menurut Musriyanto, dalam satu tahun, kebun seluas 215 hektare panen bisa 4 kali tahapan dan sampai saat ini pengiriman tebu ke PG (pabrik gula) kurang lebih mencapai 143.533 kwintal.

”Pengiriman tebu ini dikirim antara lain ke pabrik gula Rendeng Kabupaten Kudus, Sragi di Pekalongan, Mojo di Sragen dan Tasik Madu di Karanganyar Jawa Tengah,” ujarnya kepada awak media, Rabu ( 24/3).

Dijelaskan oleh Musriyanto, bahwa Kesulitan untuk mencari tenaga tebang karena bersamaan dengan tebu milik rakyat. “Kebanyakan tenaga dari luar kota. Biasanya kalau belum terbiasa tidak mau,” jelasnya.

Namun disatu sisi Musriyanto menyampaikan, bahwa pihaknya masih bersyukur karena dalam keadaan pandemi Covid-19 tidak ada pengurangan karyawan. “Jumlah pekerja di perusahaan sebanyak 678 karyawan tetap dan kurang lebih 200 orang harian lepas,” pungkasnya. (Endang M)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *