Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Lantik 7 Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020

Lampung, Patroli-
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi atas nama Presiden Republik Indonesia melantik dan mengambil Sumpah Jabatan secara langsung 7 Kepala Daerah (Kada) hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, di Balai Keratun Gedung Pemerintah Provinsi (pemprov) Lampung, Jumat (26/02). Acara pelantikan disiarkan langsung secara daring atau online.

Adapun pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (SK Mendagri) Nomor 131.18-365 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-252 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 Di Kabupaten dan Kota Pada Provinsi Lampung

Berdasarkan SK Mendagri tersebut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik sebanyak tujuh kepala daerah dari delapan daerah yang melaksanakan Pilkada 2020 di Provinsi Lampung.

Adapun berikut adalah kepala daerah yang dilantik antara lain adalah Eva Dwiana-Dedi Amirullah (Kota Bandar Lampung), Nanang Ermanto-Pandu Kesuma (Kabupaten Lampung Selatan), Musa Ahmad-Ardito (Kabupaten Lampung Tengah), Dawam Rahardjo-Azwar Hadi (Kabupaten Lampung Timur), Dendi Ramadhona-S Marzuki (Kabupaten Pesawaran), Raden Adipati Surya-Ali Rahman (Kabupaten Way Kanan), dan Wahdi Sirajjudin-Qomaru Zaman (Kota Metro)

Sementara itu ada kepala daerah yang belum dapat dilantik yaitu Kabupaten Pesisir Barat karena masih menyelesaikan perselisihan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengawali sambutannya mengucapkan selamat kepada Bupati-Wakil Bupati (Wabup) dan Walikota-Wakil Walikota (Wawakot) yang baru saja dilantik pada hari itu.

“Saya ucapkan selamat kepada Bupati-Wakil Bupati, dan Walikota-Wakil Walikota yang baru saja dilantik, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik dan bersungguh-sungguh memimpin wilayahnya masing-masing,” ucapnya.

Menurut Arinal pakaian seragam berwarna putih yang dipakai oleh seluruh kepala daerah yang dilantik hari itu merupakan simbol dari jiwa yang bersih para pemimpin di Provinsi Lampung dalam upaya membangun daerahnya.

“Saya lihat semua memakai baju putih, saya juga memakai baju putih. Semoga jiwa kita juga putih untuk bersama-sama membangun lampung,” tuturnya

Gubernur Arinal juga kembali menegaskan pentingnya penanganan wabah pandemi Covid-19 secara serius di semua Kabupaten maupun Kota di Provinsi Lampung.

“Covid-19 belum berakhir. Saya tegaskan kembali bahwa Lampung saat ini menjadi terbaik lima besar tata kelola penanganan Covid-19. Saya mohon usai dilantik segera selamatkan masyarakat, kepala daerah dapat bekerja keras dalam pengananan penyebaran pandemi ini,” ujarnya.  

Selain itu, dirinya juga mengingatkan kembali beberapa tugas pokok yang harus dilaksanakan oleh kepala daerah, sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sementara  terkait pembangunan di Provinsi Lampung, Gubernur Arinal menyatakan bahwa pada tahun 2022 Pemprov Lampung akan membangun seluruh jalan provinsi di seluruh kabupaten kota.

“Untuk itu dimohon dukungannya dan supaya pemerintah kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan hal yang sama pada akses transportasi yang menjadi kewenangan dan berada diwilayahnya masing-masing,” imbuhnya.

Acara pelantikan kemudian ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama dari setiap pasangan Kepala Daerah. Meskipun pelantikan ini dilakukan secara tatap muka, namun tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Pelantikan hanya boleh dihadiri oleh pasangan kepala daerah dan disiarkan langsung secara virtual agar dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat. (Al Azhar Solihin/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *