Kecamatan Pasirwangi Ikuti Lomba Desa, Diproyeksikan akan Kalahkan 41 Kecamatan

GARUT patroliborgol com
Pemerintah Desa se-Kecamatan Pasirwangi hari ini Kamis (1/4/2021) melaksanakan penilaian lomba desa tahap ketiga yaitu Checking di aula Kecamatan Pasirwangi.

Dalam kesempatan tersebut, dihadiri langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Garut, H Aji Sukarmaji MSi juga Camat Pasirwangi Saepul Hidayat SSTP MSi MAK.

Camat Pasirwangi Saepul Hidayat menerangkan, dalam lomba desa ini diharapkan pemerintah desa dapat menggali seluruh potensi yang ada di desa.

Potensi desa itu menurutnya tak hanya dari sumber dana desa (DD) dan juga alokasi dana desa (ADD). Tapi menurutnya harus digali potensi lain yang sebetulnya banyak di Pasirwangi.

“Nah keunggulan desa di pasirwangi artinya potensi-potensi itu dapat digali dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Diantara potens itu antara lain,

  1. Pasar desa. Artinya secara ekonomi bisa mendorong perekonomian masyarakat
  2. Pabrik tenun
  3. Ternak domba
  4. pembibitan sayuran.

“Kita bisa lihat di atas masyarakat di situ cuma bertani tapi dapat menghasilkan,” ujar Saepul. Jadi masyarakat itu tidak hanya bersumber dari dana yang berasal dari DD dan ADD saja, tapi ada sumber sumber lain yang bisa didorong,” jelasnya.

Kepala Dinas DPMD Garut, Aji Sukarmaji menjelaskan, bahwa pelaksanaan lomba ini merupakan tahap ketiga yang dilaksanakan.

Diantara penilaian lomba desa sendiri ada beberapa tahapan, antar alain, penilaian administrasi, kemudian ekspos, dan ketiga checking. Nah tahap ketiga yang dilaksanakan di Pasirwangi adalah tahapan checking.

Pasirwangi ini kata AJi, diproyeksikan akan mengalahkan 41 kecamatan lain yang ada di Kaupaten Garut.

“Selanjutnya checking ini kami cek secara visual lapangan bagaimana kepala desa itu bisa melaksanakan tata kelola pemerintahan desa yang baik,” ujarnya.

Dalam tahapan checking sendiri Dinas akan melihat bagaimana unsur pelayanan, bagaimana kaitan tupoksi kepala desa, kemudian bagaimana penyusunan APBDes dan pelaksanaannya, kemudian juga bagaimana tata kelola keuangan desa. Kepala desa H. Ayi sutisna merasa bahagia juga bangga dengan kelancarannya kegiatan lomba tsb”. Bahwa dalam kemenangan adalah harapan kami, tapi kemajuan desa lebih penting dari segalanya “. Tambahnya dg penuh semangat. H.ujang selamet/saepul zihad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *