Pimpin Sertijab, Kapolres Demak AKBP Andhika: Tugas Polri Semakin Berat, Kita Harus Siap

Demak, Patroli-
Rotasi jabatan di Polres Demak kembali bergulir pada Rabu (7/4/2021) pagi. Sejumlah perwira menengah (pamen) hingga perwira pertama (pama) dimutasi untuk penyegaran institusi.

Wakapolres Demak yang semula dijabat oleh Kompol Didi Dewantoro, kini posisinya digantikan Kompol Johan Valentino Namuru yang sebelumnya menjabat Kapolsek Kawasan Pelabuhan Polrestabes Semarang. Sedangkan Kompol Didi Dewantoro di promosikan sebagai Wakapolres Tegal, Polda Jawa Tengah.

Adapun posisi Kasat Lantas yang sebelumnya di jabat oleh AKP Dani Permana Putra diisi AKP Fandy Setiawan yang sebelumnya menjabat Kasat Lantas Polres Magelang.

Kemudian Kapolsek Bonang yang sebelumnya di jabat oleh AKP Sucipto di ganti oleh AKP Margono yang sebelumnya menjabat Kapolsek Karangtengah.

Selanjutnya, AKP Muhammad Sigit Hadi Kiswanto yang sebelumnya menjabat Kapolsek Mranggen di geser menempati jabatan Kapolsek Karangtengah.

Sedangkan pos Kapolsek Mranggen di isi Iptu Ahmad Masdar Tohari yang sebelumnya menjabat Panit 1 Unit 3 Subdit 1 Ditreskrimum Polda Jawa Tengah.

Upacara serah terima jabatan (sertijab) ini dipimpin langsung oleh Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adhittama di Gedung Pendopo Parama Satwika Polres Demak.

Kapolres Andhika mengatakan, perpindahan tugas dari satu tempat ketempat lain merupakan hal yang biasa di kalangan Polri. Beberapa pertimbangan di atas tentunya dilaksanakan dengan mencermati perkembangan tugas Polri yaitu sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Tugas Polri saat ini meningkat, baik secara kualitas maupun kuantitas yang bersifat lokal nasional sampai pada transaksional. Oleh karena itu, kita sebagai anggota Polri senantiasa dituntut untuk selalu dan tanggap dalam menyikapi situasi yang semakin berat. Jika kita tidak siap menghadapinya kita sendiri akan ketinggalan,” ungkap AKBP Andhika, saat upacara sertijab.

Ia menuturkan, saat ini situasi Kamtibmas secara umum mengalami eskalasi yang meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Gangguan Kamtibmas saat ini sudah memiliki berbagai dimensi baik yang bersifat lokal, nasional sampai pada trans nasional. Oleh karena itu sebagai anggota Polri senantiasa di tuntut untuk selalu open dan tanggap dalam menyikapi situasi tersebut,” ungkapnya.

Andhika berpesan agar para pejabat lama maupun baru menyesuaikan tugas dengan kondisi biografi di lingkungan masing-masing, baik karakteristik maupun sosial budaya masyarakat.

“Jalin kerjasama dengan unsur-unsur elemen masyarakat baik tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda sehingga tercipta situasi kondusif,” pungkasnya. (Endang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *