Gelar Lomba Tingkat Kabupaten, Desa Cinisti Masuk 6 Besar

GARUT patroliborgol –
pelaksanaan lomba desa tingkat kabupaten, Desa Cinisti Kecamatan Bayongbong kabupaten Garut jabar,  dengan acara lomba tersebut  semua yang hadir serempak menjalankan protokol kesehatan (prokes) juga desa cinisti berhasil masuk 6 besar,  Saat ini ke 6  desa itu tengah memasuki tahap terakhir yaitu rechecking.

Banyak keunggulan dari Desa Cinisti sehingga berhasil menjadi finalis di lomba desa. Bukan hanya dalam bidang administrasi namun dalam berbagai bidang Desa Cinisti dianggap berhasil.

Kepala Desa Cinisti, Kecamatan Bayongbong mengungkapkan kpd surat kabar umum patroliborgol  iwan ridwan sangat bersyukur bisa masuk ke dalam 6 besar. Iwan mengaku bangga karena sejak terbentuknya Desa Cinisti baru tahun 2021 inilah bisa masuk ke dalam 6 besar lomba desa.

“Semenjak dibentuknya atau terlahirnya Desa Cinisti di thaun 1986 baru di tahun 2021 ini mungkin bisa mewakili kecamatan Bayongbong ke tingkat kabupaten bahkan bisa masuk 6 besar, itu merupakan suatu kebanggaan,” ungkapnya.

Iwan sendiri menyampaikan ada beberapa keunggulan yang dimiliki Desa Cinisti yang selama ini diekspos di lomba desa. Diantara contoh kecilnya adalah dalam sektor pertanian. Desa Cinisti terkenal sebagai sentral budidaya dan pengolahan tembakau dan bawang merah.

” Yang menjadi keunggulan sebetulnya banyak tapi ini salah satu simpel saja mungkin dari prodak hasil pertanian yang pertama mungkin sebagaimana yang telah  tren di sini itu adalah dari hasil pertanian tembakau dan bawang merah,” tegasnya.

Selanjutnya Desa Cinisti juga mengaku bangga sudag berhasil menciptakan inovasi dalam bidang teknologi dan informasi yaitu berhasil membuat web desa. Web desa itu dinamakan Sicepot id. yag merupakan kependekan dari Sistim Percepatan Pembangunan Berbasis Internet.

Dari web desa ini masyarakat diberikan kebebasan memasarkan produk unggulan di bidang UMKM dengan catatan berbasis di satu pintu yaitu BUMDes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Aji Sukarmaji menjelaskan, 6 desa yang masuk tahap terakhir itu antara lain (1) Desa pasirwangi, Kecamatan pasirwangi, (2) Desa Sukarame Kecamatan Caringin, (3) Desa Sanding Kecamatan Malangbong, (4) Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu, (5) Desa Linggamanik, Kecamatan Cikelet dan (6) Desa cinisti Kecamatan bayongbong.

Pada hari ini Selasa (6/4/2021), Dinas PMD sendiri sudah melakukan rechecking terhadap Desa Cinisti Kecamatan Bayongbong.

” Ini kan prosesnya lomba desa dari penilaian administrasi dari 41 desa perwakilan dari tiap kecamatan dan terpilih 15 desa untuk ekspos, setelah ekspos terpilih 6 desa dan salah satunya desa Cinisti,” ujar Aji kepada sejumlah awak media.

“Dalam rechecking itu kami mengecek apa yang disampaikan kades di ekspos kenyataan di lapangannya. Nanti pak kades ini dilombakan dengan 5 desa lagi mana yang paling terbaik,” tambah Aji.

“Mudah-mudahan desa-desa di kabupaten Garut iniĀ  kategori yang bisa meningkatkan pemberdayaan masyarakat tata kelola pemerintahan yang baik dan tata kelola keuangan dan bagaimana kebersamaan meningkatkan pembangunan dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi di masa pandemi,” tutup Aji. H.ujang selamet/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *