Gelar Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2021, Kapolres Demak: Kedepankan Edukasi dan Sosisalisasi

Demak, Patroli-
Kepolisian Resor (Polres) Demak menggelar Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2021 yang akan berlangsung mulai tanggal 12 sampai dengan 25 April 2021.

Sebelum menggelar operasi, seluruh jajaran Polres Demak melaksanakan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh AKBP Andhika Bayu Adhitama, di halaman kantor Sekretarian Daerah (Setda) Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (12/4).

Operasi keselamatan Polres Semak kali ini mengusung tema ‘Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas yang Mantap dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Dengan Meningkatkan Disiplin Protokol Kesehatan Serta Tidak Melaksanakan Mudik Lebaran Tahun 2021’.

Dalam arahannya, AKBP Andhika Bayu Adhitama mengatakan bahwa operasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait larangan mudik pada lebaran tahun ini.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 serta mengajak masyarakat tertib berlalulintas untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Menurut Andhika perlu diketahui bahwa saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19 di seluruh dunia termasuk Indonesia. Oleh dari itu, adanya perintah dari pimpinan Polri di pusat untuk tidak melakukan penindakan bagi pelanggar lalulintas.

“Negara  sedang berada pada situasi pandemi Covid-19 dan perintah dari Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) untuk meniadakan penindakan, sehingga data jumlah pelanggaran lalulintas berupa tilang pada tahun 2019 dan 2020 nihil,” tuturnya.

Kampanye ini, sambung Kapolres Demak AKBP Andhika, akan berbentuk aksi membagikan masker dan hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19. “Jadi hanya berupa kampanye edukasi serta sosialisasi dan tidak ada penindakan sama sekali dari Kepolisian,” pungkasnya.

Dalam apel operasi terpusat dengan Sandi Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2021 tersebut, dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Demak, dan diikuti oleh peserta apel diantaranya dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0716/Demak, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), anggota Dinas Perhubungan (Dishub), serta personel Polres Demak. (Endang M/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *