Kapolres Rembang: Selama Pandemi COVID-19, Angka Kecelakaan Lalu Lintas Turun

Rembang, Patroli-
Kepolisian Resor (Polres) Rembang menyatakan angka kecelakaan lalu lintas dan korban meninggal dunia di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng) selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan.

Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre mengemukakan hal tersebut saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi, di halaman Mapolres Rembang, Senin (12/4).

Disebutkan bahwa operasi ini digelar difokuskan untuk mengedukasi masyarakat supaya tidak mudik lebaran, meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan (prokes) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sekaligus meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas, dalam rangka menurunkan angka kecelakaan.

“Perintah dari Mabes Polri, kami meniadakan penindakan tapi fokus pada 3 tujuan tersebut,” ujar Kapolres Rembang AKBP Kurniawan Tandi Rongre, dihadapan puluhan jajarannya.

Rongre memperinci angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama tahun 2019 ada sebanyak 423 kejadian dan mengakibatkan korban meninggal dunia 31 orang.

Namun pada tahun 2020 di awal masa pandemi COVID-19, angka kecelakaan lalu lintas menurun menjadi 365 kejadian, dengan korban meninggal dunia sebanyak 19 orang. “Dari angka kejadiannya turun 13,7 persen untuk korban meninggal dunia juga turun 38,7 persen,” terangnya.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi yang digelar Polres Rembang bakal berlangsung mulai tanggal 12 April sampai dengan 25 April 2021.

Menurut AKBP Kurniawan Tandi Rongre, pihak Polres Rembang mengkombinasikan antara keselamatan berlalu lintas dengan kampanye kepatuhan prokes.

“Paling banyak akan menyasar masyarakat yang menggunakan transportasi umum. Bentuk kegiatannya bisa berupa bagi-bagi masker dan hal-hal yang berkaitan dengan prokes,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Rembang juga mengingatkan kepada anggotanya untuk memberikan contoh yang baik, dengan mematuhi prokes selama menjalankan tugas. “Kerjakan tugas dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab,” pungkasnya. (Sudarminto Tenggo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *