Kajian Ramadhan: Catatan Sang Da’i (Hari ke 15)

Oleh: Kyai Uyad al-Bantani

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Saudaraku yang baik,

Sebagai orang tua kita tidak akan dapat memberikan hidayah buat anak kita, hidayah bukan di tangan kita sebagai orang tua.

Sekeras apapun usaha yang kita lakukan dan semaksimal apapun ikhtiar yang kita upayakan, kita tidak akan bisa memberikan hidayah kepada anak-anak kita. Karena hidayah itu ada di tangan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yaitu ‘hidayah taufiq’.

Oleh karena itu salah satu upaya kita adalah memohon kepada Allah karena Dialah pemiliki hidayah itu. Kita harus memohonnya kepada Allah agar memudahkan hidayah itu untuk anak-anak kita.

Dan ini merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh para orang tua. Kita harus sadar bahwa hidayah bukan di tangan kita, pemberi hidayah adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah SWT mengatakan:

‎فَإِنَّ اللَّـهَ يُضِلُّ مَن يَشَاءُ وَيَهْدِي مَن يَشَاءُ ۖ
“Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala menyesatkan siapa yang dikehendakiNya dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki.” (QS. Fatir[35]: 8)

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam tentunya hamba yang paling bertakwa, hamba yang paling takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, hamba yang dicintai Allah.

Namun demikian beliau tidak mampu memberikan hidayah kepada paman beliau tercinta, yaitu Abu Thalib. Bagaimana pula dengan kita?

Begitu pula para Nabi dan Rasul, seperti Nabi Nuh ‘Alaihis Salam tidak bisa memberikan hidayah kepada anaknya.

Apalah arti keshalihan kita dibanding Nabi Nuh ‘Alaihis Salam? Beliau tidak mampu memberikan hidayah itu kepada putra beliau. Ketika air bah melanda, Nabi Allah ini bersikukuh berseru kepada anaknya. Ini dakwah, nasihat, seruan Nabi Nuh kepada putranya.

Doa Ayah Ibu adalah jalan yang terbaik dalam menemani anak-anak kita menuju masa depannya.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Wabillahi taufik wal hidayah,
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Jakarta, 15 Ramadhan 1442 H/Selasa, 27 April 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *