Percepat Penanganan Laka Lantas, Polres Demak Bentuk Satgas Quick Respon

Demak, Patroli-
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Demak membentuk Satuan Gugus Tugas (Satgas) Quick Respon dalam Operasi Ketupat Candi 2021. Satgas yang terdiri dari beberapa instansi terkait ini difokuskan menangangi kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Menjadi salah satu wilayah aglomerasi, Satlantas Polres Demak membentuk Satgas Quick Respon untuk penanganan cepat laka lantas.

Beberapa instansi, seperti Rumah Sakit (RS), Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Damkar, Jasa Raharja, dan BPBD, di Kabupaten Demak terlibat dalam satgas ini.

“Kita fokuskan pada Jalan Pantura di beberapa titik perbatasan, seperti perbatasan Semarang – Demak dan Demak – Kudus. Selain itu Kami akan memberikan penanganan cepat jika terjadi laka lantas,” ujar Kasat Lantas Polres Demak AKP Fandy Setiawan, di Demak, Jawa Tengah, Senin (3/5).

Kasat Lantas Polres Demak AKP Fandy Setiawan dalam persiapan operasi patroli bersama Satgas Quick Respon Satlantas Polres Demak. (Foto: Istimewa/Dok.)

Selain itu, satgas ini juga ditugaskan untuk melakukan patroli di titik titik rawan kemacetan dan lokasi terdampak banjir rob, seperti di Kecamatan Sayung, yang menjadi perbatasan Kota Semarang dengan Kabupaten Demak.

“Ada 4 pos pelayanan dan 4 pos pengamanan yang kita dirikan, termasuk di Jalan Pantura yang ada di wilayah Kecamatan Sayung. Kita juga bentuk tim urai untuk penarikan jika terjadi kemacetan,” tambah Fandy.

Hingga saat ini, Polres Demak masih melakukan pengawasan terhadap pemudik gelap, khususnya angkutan travel yang lolos penyekatan dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan sejumlah daerah yang dilarang mudik.

Sementara itu, Satgas Quick Respon juga ditugaskan untuk mendisiplinkan masyarakat, khususnya pengendara untuk mematuhi protokol kesehatan. (Endang/Foto: ist./Dok.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *