Resmikan Klinik Terpadu UPT Puskesmas Samarang, Wabup Garut: Harus Bisa Bantu Memutus Mata Rantai Corona

Garut, Patroli-
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Samarang, di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, kini memiliki klinik terpadu ruang imunisasi area ramah anak yang dilengkapi mushola.

Keberadaan Klinik Terpadu Ruang Imunisasi Area Ramah Anak dan Mushola UPT Puskesmas Samarang tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman, Rabu (16/6).

Wabup Helmi Budiman mengemukakan atensinya terhadap peresmian Klinik Terpadu tersebut. “Harus menjadi klinik ramah anak, dan utamanya dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini harus bisa membantu pemerintah dalam memutus mata rantai virus Corona,” katanya.

Dirinya juga berharap dengan kehadiran klinik terpadu ini, kebutuhan akan kesehatan masyarakat di sekitar Kecamatan Samarang bisa terakomodir dengan baik.

“Klinik Terpadu UPT Puskesmas Samarang ini nantinya akan menjadi pelayanan konsultasi gizi, kesehatan lingkungan (kesling) dan promosi kesehatan untuk menyukseskan imunisasi,” ungkapnya.

Wakil Bupati Garut itu juga menerangkan, bahwa dalam pengusulan bangunan Puskesmas untuk pelayanan melahirkan diusulkan melalui Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Garut. Untuk syarat pengajuan itu, sambungnya, puskesmas harus nyaman dan memiliki fasilitas yang baik.

Dijelaskan oleh Helmy, bahwa yang utama Puskesmas itu harus mengutamakan pelayanan yang prima terhadap masyarakat, yaitu harus mengedepankan promotif, preventif untuk pelayanan.

“Terutama di saat pandemi tenaga kesehatan di Puskesmas harus banyak pelayanan di lapangan,” pungkasnya, seraya berpesan kepada petugas puskesmas harus bisa menyukseskan program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah.

Di kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Kecamatan Samarang Elan Suherlan menyampaikan ucapan terima kasih atas diresmikannya Klinik Terpadu UPT Puskesmas Samarang.

Disebutkan oleh Elan, bahwa pihaknya bersyukur karena pembangunan Klinik Terpadu UPT Puskesmas Samarang dapat berjalan dengan baik.

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan kepada Kadiskes, Danramil, Kapolsek, ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” imbuhnya.

Hadir dalam peresmian tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan lintas sektor, diantaranya Kepala UPT, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Samarang, Kapolsek, Danramil, serta Kepala Desa (Kades) Samarang. (Ujang Slamet/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *