Warga Desa Sirnagalih Garut Tidak Setuju Kades Pilihan Digantikan Peraih Suara Nomor 2

Garut, Patroli-
Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang digelar di Desa Sirnagalih, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kembali dimenangkan oleh Dedi Hidayat untuk menjabat yang kedua kalinya. Namun takdir berkata lain, peserta incumbent pilihan warga itu mengalami sakit dan meninggal dunia.

Situasi selanjutnya beredar kabar bahwa jabatan Kades Dedi Hidayat yang wafat akan diisi atau dilanjutkan oleh calon kades peroleh suara nomor dua hasil Pilkades Garut.

Warga Desa Sirnagalih, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, pada Senin (19/7) menggeruduk kantor desa untuk meminta kejelasan perihal kebenaran isu tersebut.

Salah seorang warga bernama Ujang yang ikut mendatangi kantor desa mengatakan, bahwa warga Desa Sirnagalih tidak setuju lantaran calon kades peroleh suara nomor dua tersebut bakal mengantikan Almarhum Dedi Hidayat.

“Saya sangat tidak setuju juga tidak terima kalo kades digantikan oleh pemenang suara nomer dua itu pak. Seharusnya digantikan hak waris Ibu Sekdes putera Pak Haji Dedi,” katanya kepada awak media di Garut, Jawa Barat, Senin (19/7).

Menurut Ujang yang mewakili warga desa, pemerintah seharusnya cepat memutuskan dan segera menunjuk pengganti kades yang akan memimpin Desa Sirnagalih kedepannya karena khawatir akan terjadi kericuhan.

“Harus segera ditentukan yang akan mengganti Kades Sirnagalih, jangan berlama lama. Jika permintaan masyarakat tidak direspon saya takutnya terjadi anarkis pak,” tukasnya.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, pada 8 Juni 2021 silam menggelar Pilkades Serentak di sebanyak 216 desa.

Para calon kades hasil pemilihan tersebut dalam waktu dekat bakal dilantik langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan di Kantor Setda (Sekretariat Daerah) atau di GOR Dispora Garut pada hari Kamis 29 Juli mendatang. (Ujang/Foto: Istimewa/Ilustrasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *