Kodim 0708 Purworejo Bantu Program Percepatan Vaksinasi Covid-19

Purworejo, Patroli-
Program percepatan vaksin di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dari jumlah 790 orang yang tersebar di 16 kecamatan menyasar kepada kurang lebih 615 ribu penerima mulai dari usia 18 tahun keatas hingga lanjut usia (lansia).

Hal itu dikemukakan oleh Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0708 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim kepada awak media di markas Kodim 0708 Purworejo yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (3/9).

“Sekarang ini untuk pencapaian sasaran vaksin baru mencapai vaksin pertama 22 persen, kedua 12 persen dan yang ketiga adalah 0,30 persen,” ujar Letkol Inf Lukman Hakim, saat ditemui wartawan.

Sedangkan dari pencapaian itu, sambungnya, dari kelompok masyarakat yang presentasinya lebih rendah adalah anak-anak sekolah, ibu hamil dan distabilitas, bila dibandingkan jumlah persen dari mahasiswa dan lansia.

Namun Lukman mengungkapkan, bahwa pihaknya kedepan akan akan mengajukan pengingkatan jumlah vaksin untuk wilayah Kabupaten Purworejo. “Nantinya akan diprioritaskan. Saat ini Kodim 0708 Purworejo sedang mengajukan 6 ribu dosis vaksin,” tegasnya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa belum lama di desa Wonoroto sudah dilaksanakan vaksinasi sebanyak 600 dosis dengan jenis vaksin Astrazeneca dengan sasaran usia 18 tahun keatas. “Untuk yang lebih soft, yaitu jenis vaksin Sinovac kita berikan kepada anak-anak dan santri pesantren,” tandas Lukman.

Suasana audiensi Dandim 0783 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim dengan wartawan, Jumat (3/9). (Foto: Ist.)

Dandim 0708 Purworejo itu juga menyampaikan, bahwa setiap Koramil di wilayahnya hanya dapat menyalurkan 100 vaksin per hari. Menurutnya hal itu disebabkan karena tempat pelaksanaan dan jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terbatas.

“Kalau di kantor Kodim 0708 mampu melaksanakan 1200 sampai 1600 vaksin setiap harinya. Karena tempatnya lebih luas dan fasilitas lengkap, serta nakesnya lebih banyak. Untuk input datanya juga dibantu anggota yang sudah dilatih,” jelasnya.

Sedangkan untuk kegiatan tambahan lain untuk melengkapi pelaksanaan vaksinasi, lanjut Letkol Inf Lukman Hakim, pihak Kodim 0708 Purworejo juga menggelar bakti sosial (baksos) berupa bagi-bagi sembako kepada warga ataupun masyarakat yang kurang mampu.

“Kegiatan pemberian sembako kepada masyarakat kurang mampu ini kita lakukan selama pandemi Covid-19 serta pada pelaksanaan program Rumah Tidak Layak Huni (RLTH) di Purworejo,” terangnya.

Ditambahkan oleh Letkol Inf Lukman Hakim, untuk kegiatan bakti alam pihak Kodim 0708 Purworejo melaksanakan kegiatan melepas burung di beberapa titik tertentu di 16 kecamatan dan melepas ikan di setiap saluran irigasi.

“Kegiatan ini dilakukan guna tercipta kesinambungan dan keseimbangan alam. Disamping itu kegiatan ini pun banyak komunitas yang mendukungnya,” ucapnya.

Ditegaskan oleh Dandim 0708 Purworejo, bahwa saat pelaksanaan semua kegiatan pihaknya selalu menghindari terciptanya kerumunan dan mengutamakan protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker dan menjaga jarang (physical distance).

“Tidak mengundang kerumunan akan tetapi kita masih bisa melaksanakan kegiatan. Kami selalu menciptakan momen-momen spesial akan tetapi kita tidak menunggu momen. Masih ada kegiatan-kegiatan yang bisa menyatukan kita semua,” pungkasnya. (Endang M/Foto: Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *