Dilantik Bupati Rembang, Fahrudin Resmi Jabat Sekda

Rembang, Patroli-
Bupati Rembang Abdul Hafidz memimpin pelantikan Fahrudin untuk mengemban jabatan baru sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang.

Pelantikan Fahrudin yang sebelumnya menjabat Inspektur Kabupaten Rembang dilaksanakan di Pendopo Museum RA Kartini yang terletak di Jalan Gatot Subroto Nomor 8 Kutoharjo, Rembang, Jawa Tengah, Jumat (3/9).

Pada kesempatan itu Bupati Abdul Hafidz mengatakan, bahwa pelantikan Pejabat Tinggi Pratama yakni Sekda adalah hal yang biasa dalam sistem manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sebagai implementasi dari ketentuan pasal 127 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Sekda adalah jabatan yang sangat penting dan strategis dalam pengelolaan pemerintahan. Proses untuk menetapkan Sekda tentu telah melewati proses yang panjang dan sistematis, sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya, dilansir portal rembangkab.go.id, Sabtu (4/9).

Dijelaskan oleh Abdul Hafidz, Dimulai dari pembentukan Pansel, seleksi kompetensi, pengusulan 7 calon Sekda,  terpilih 3 calon Sekda hingga konsultasi dan koordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah.

“Proses yang panjang itu diperlukan guna menghasilkan calon Sekda yang kompeten dan berintegritas, serta dinilai mampu untuk menterjemahkan kebijakan daerah sebagaimana termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026,” terangnya.

Tugas Sekda, sambung Abdul Hafidz, adalah membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan Dinas, lembaga teknis, dan unit pelaksana lainnya, sebagai motor penggerak organisasi Pemerintah Kabupaten Rembang.

Menurutnya seorang Sekda harus dapat membaca dinamika yang sedang berkembang dalam masyarakat, terutama untuk mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan yang diberikan Kepala Daerah. 

“Selain itu harus mampu menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara efektif dan produktif dengan seluruh institusi baik internal maupun eksternal,” ucap Bupati Rembang itu.

Sementara Fahrudin usai resmi dilantik sebagai Sekda mengatakan, bahwa dirinya siap membantu Bupati Abdul Hafidz dan Wakil Bupati Mochammad Hanies Cholil Barro dalam mewujudkan cita-cita dalam membangun daerah, salah satu agenda kerjanya adalah menata wajah Kota Rembang.

“Saya adalah orang yang dilahirkan di Rembang. Insya Allah saya tidak akan menghianati Rembang. Jadi, saya siap bersama teman-teman OPD dan semua ASN di Kabupaten Rembang akan menjalankan impian Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati dengan RPJMD Rembang Gemilang 2026,” pungkasnya.

Sebelumnya jabatan Pejabat (Pj) Sekda Kabupaten Rembang dipegang oleh Edy Supriyanta selama sembilang bulan.

Edy yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jateng mengakhiri jabatan PJ Sekda per hari Rabu 3 September 2021 sejak dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 3 Desember 2020 silam. (Endang/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *