Brigade NKRI dan ACT Salurkan Bantuan Beras untuk Lansia di Garut

Garut, Patroli-
Brigade NKRI bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalurkan bantuan kepada 100 lanjut usia (lansia) dan jompo di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (15/9).

Kegiatan yang dinamakan Operasi Pangan Gratis (OPG) tersebut dilakukan guna membantu masyarakat yang kesulitan pangan akibat masa pandemi Covid-19.

Kegiatan OPG difokuskan bagi lansia maupun jompo di dua wilayah yaitu Kecamatan Slaawi dan Kecamatan Blubur Limbangan Kabupaten Garut Jawa Barat dengan menyalurkan 100 paket karung beras ukuran 3 kilogram.

Ketua Umum (Ketum) Brigade NKRI Ivan Ravinora kepada awak media menyampaikan, bahwa dipilihnya Kecamatan Slaawi dan Kecamatan Blubur Limbangan sebagai tempat pelaksanaan OPG kali ini karena berdasarkan temuan adanya masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Banyak lansia atau jompo bahkan orang sakit yang tidak mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah, serta keadaan ekonomi nya yang sangat memprihatikan. Kami pun langsung mengajak ACT Garut untuk hadir ditengah tengah masyarakat dan langsung direspon baik,“ ujarnya.

Para lansia menerima bantuan beras wakaf OPG. (Foto: Ist.)

Untuk itu Ivan berharap berharap setelah penyerahan beras wakaf ini setidaknya bisa sedikit meringankan akan kebutuhan pangannya, terlebih dimasa Pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Gerakan bantuan pangan beras ini bisa meringankan beban dan bisa memasak nasi dengan kualitas baik. Saya menyaksikan langsung dilapangan lansia dan jompo yang keadaanya memperihatinkan dan sakit-sakitan,” pungkas Ketum Brigade NKRI itu.

Foto: Ist./Dok.

Sementara itu, Abon, salah satu masyarakat yang menerima bantuan dari OPG yang diinisiasi oleh Brigade NKRI dan ACT Garut menyatakan terima kasihnya atas bantuan yang diterima.

“Alhamdulillah, saya sudah terima bantuan beras wakafnya. Terima kasih Brigade NKRI dan ACT,” kata Abon, yang memiliki kekurangan fisik dan berpenghasilan dari berjualan rokok keliling.

OPG semakin dimaksimalkan dengan menggerakkan armada kemanusiaan pangan yang dimiliki ACT, yaitu Humanity Food Truck, Humanity Food Bus, hingga Humanity Rice Truck.

Dengan landasan semangat selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19, OPG bertujuan membangkitkan semangat bangsa yang diwujudkan dalam bentuk aksi nyata, yaitu sesama elemen bangsa gotong royong membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19 tidak boleh berhenti.

Dengan aksinya semakin hari semakin masif membantu masyarakat yang sedang isolasi mandiri, yang terdampak PPKM, tenaga kesehatan, warga yang kesulitan ekonomi, keberadaan OPG mendapat dukungan berbagai pihak, diantaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI). (Ujang/Saeful/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *