Ketua Dewas PDAM Garut Apresiasi Kegiatan Workshop Pembekalan Bagi Petugas Pembaca Water Meter

Patroli, Garut-
Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Intan Kabupaten Garut atau Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Garut menggelar Workshop pembekalan dan pengarahan bagi petugas pembaca meteran air atau water meter, di Hotel Santika, Garut, Jawa Barat, Senin (27/9).

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi Ketua Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Garut Haryono yang juga turut hadir pada acara yang diinisiasi oleh Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) PDAM Garut.

Haryono menyampaikan, bahwa workshop tersebut sebagai upaya meningkatkan profesionalisme karyawan dalam melaksanakan tugas hilirnya pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

“Kegiatan merupakan pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP) sebagaimana yang diatur Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 26 Tahun 2014,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya para petugas pembaca meter, tidak hanya mampu membaca angka pemakaian air konsumen, tetapi juga mampu, mengukur kualitas, kuantitas, dan kontinuitas air yang dikonsumsi oleh konsumen.

“Sebagai kebijakan hilir, keberadaan pegawai pembaca meter bukan merupakan instrumen yang berdiri sendiri, tetapi bagian dari pemgelolaan SPAM yang diawali dari Unit Air Baku, Unit Produksi, Unit Ditribusi, ke ratikulaisi,” katanya merinci.

Ketua Dewas PDAM Garut itu berpesan kepada jajaran PDAM Garut khususnya Bagian SDM supaya kedepan pembinaan teknis juga dilakukan terhadap pegawai pengelola SPAM keseluruhan.

“Secara bertahap pembiayaan untuk kebutuhan pembinaan kepegawaian disesuaikan dengan standar pembiayaannya, yaitu 10 persen dari jumlah biaya atau belanja pegawai, yang saat ini baru 4 persen,” imbuhnya. (Ujang/Syaiful/Foto: Istimewa)

Leave a Reply