Kunker Bilateral, Pemprov DKI Jakarta-Pemerintah Korsel Bahas Inovasi Pelayanan Publik

Jakarta, Patroli-
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta menerima kunjungan kerja (kunker) Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Republik Korea Lee Sang-min, beserta 16 delegasi Pemerintah Korea Selatan (Korsel), di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Vera Revina Sari yang mewakili Gubernur DKI Jakarta mengatakan, kunker tersebut ditujukan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Korsel serta berbagi pengalaman dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta merupakan suatu wujud bagaimana pelayanan bisa dilakukan secara terpadu dan sudah mencapai hal-hal yang sangat baik. Pengalaman-pengalaman tersebut kita informasikan pula kepada delegasi Pemerintah Korea Selatan. Kami saling berbagi pengalaman dalam praktik baik penyelenggaraan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat,” ujar Vera di Jakarta, Jumat (17/6).

Sementara Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra menambahkan, upaya transformasi digital melalui inovasi layanan terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (OSS) milik pemerintah pusat dihadirkan untuk memudahkan warga dalam mengurus perizinan di Jakarta.

“Kalau dulu hanya ada layanan antar berkas, sekarang kami sudah melayani pendampingan pengurusan perizinan online. Kita juga sudah memiliki banyak agen transformasi seperti Layanan AJIB (Antar Jemput Izin Bermotor),” imbuh Benni. 

Dikesempatan yang sama Menteri Lee Sang-min menyampaikan apresiasi dan ketertarikannya terhadap konsep pelayanan terpadu satu pintu yang tersedia di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta.

Foto: Istimewa

Ia berharap agar dapat menjajaki kerja sama melalui digital government seraya berbagi pengalaman dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang prima.

“Saya menyaksikan pelayanan yang diberikan sudah sangat maju, berbagai inovasi layanan juga dihadirkan seperti pengurusan pajak, paspor, pelayanan SIM dan STNK dan juga pelayanan investasi, “ ujar Menteri Lee Sang-min.

Transformasi Digital dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Berbagai langkah transformasi digital yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta telah memberikan kemudahan kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari pengusaha, pelaku usaha mikro dan kecil hingga penduduk di kampung-kampung.

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta melakukan transformasi digital dalam layanan kemudahan berinvestasi melalui kehadiran Jakarta Investment Centre (JIC), yang menjadi mitra bagi para investor untuk memberikan informasi proyek unggulan, nilai investasi, hingga pendampingan pengurusan perizinan dan nonperizinan.

Turut hadir dalam Kunjungan Kerja Pemerintah Republik Korea ke Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta tersebut, diantaranya Director General MoIS Suh Bo-ram, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Tae Sung, First Secretary Korean Embassy Kim Dong-hyun, Co-Director Digital Government Cooperation Centre Kim Hyo-joong, pejabat dari Kedutaan Republik Korea untuk Indonesia, serta delegasi Korsel. (Red/Fy/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *