Kapolri Resmikan Giat Bakti Sosial Religi di 11.834 Tempat Ibadah se Indonesia

Jakarta, Patroli-
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meresmikan secara langsung bakti religi dan bakti sosial yang dilakukan jajaran kepolisian dalam memperingati HUT ke 76 Bhayangkara, di lapangan Bhayangkara, Jakarta, Senin (20/6).

Kegiatan bakti religi dan bakti sosial tersebut dilakukan di 11.834 tempat ibadah yang ada di seluruh Indonesia.

“Tadi dilaporkan kurang lebih ada 11.833 tempat ibadah yang hari ini seluruh rekan kepolisian dan juga dibantu juga mitra polri yang lain, melaksanakn kegiatan kerja bakti, perbaikan dan juga hal-hal lain yang dilaksanakan diberbagai tempat ibadah yang ada di Indonesia,” ujar Kapolri.

Menurutnya kegiatan tersebut digelar sebagai wujud komitmen Polri untuk menjaga nilai-nilai toleransi yang sudah tertuang di dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, khususnya Pasal 29 tentang kemerdekaan beribadah bagi pemeluk agama di Indonesia.

“Ini sebagai upaya kami dan upaya kita semua untuk terus bisa meningkatkan kerjasama dengan seluruh tokoh-tokoh agama, khususnya dalam kegiatan kita, dalam melaksanakan kegiatan moderasi beragama,” ucapnya.

Selain itu, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo juga mengingatkan kerjasama antar tokoh umat beragama bisa mencegah polarisasi dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2024. Sebab, sebutnya, ditahun politik sebelumnya telah terjadi penggunaan politik identitas yang merusak persatuan bangsa dan negara.

“Banyak sekali hal-hal yang kemudian menggunakan ataupun memanfaatkan politik identitas dan itu berdampak terhadap polarisasi, berdampak pada perpecahan bagi kita semua, sehingga indo yang dulu terkenal karena kita semua ini dikenal sebagai bangsa yg sangat toleran namun kemudian ini bisa ternodai,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyapa langsung para Polda yang telah melakukan kegiatan bakti religi dan bakti sosial ini lewat virtual, diantaranya Polda NTT, Polda Bali dan Polda Kalimantan Barat (Kalbar). (Red/Fy/Foto: Ist./Div Humas Polri)

Leave a Reply