Desa Cintakarya Kerap Banjir Akibat Luapan Drainase, Warga Minta PUPR Garut Turun Tangan

Garut, Patroli-
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut diminta segera turun tangan untuk menangani masalah banjir akibat luapan drainase di Desa Cintakarya, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Setidaknya ada 8 rumah yang kerap dilanda banjir semenjak jalan Cikamiri-Sukapadang direhab. Pasalnya rehab jalan itu tidak dibarengi dengan perbaikan drainase.

Hal itu dikemukakan oleh Yaya Tarya, salah seorang warga Desa Cintakarya yang wilayahnya kerap mengalami banjir akibat air yang meluap dari jalan yang posisinya lebih tinggi dari drainase.

Yaya Tarya warga Desa Cintakarya yang mengeluhkan banjir di wilayah tempat tinggalnya akibat sistem drainase yang dinilai buruk. (Foto: Ist.)

Hal itu mengakibatkan debit air pada drainase menjadi lebih tinggi dan meluap ke rumahnya serta rumah-rumah warga lainnya.

Yaya mengeluhkan kondisi tersebut. Ia meminta Dinas PUPR Garut segera bertindak supaya segera dilakukan normalisasi atau perbaikan drainas di wilayahnya.

”Saya harap dari pihak pemerintah Dinas PUPR segera ambil tindakan melakukan perbaikan,” ujarnya, kepada awak media di Garut, Jawa Barat, Sabtu (6/8).

Ditambahkan Yaya, sewaktu ada perbaikan jalan tidak dibarengi dengan normalisasi drainase sehingga diduga hal itu menimbulkan masalah banjir.

”Mestinya drainase juga dilakukan pengerukan dan pelebaran. Akibatnya air itu mengalir deras ke rumah ketika hujan lebat,” imbuhnya.

Hal yang sama juga dikeluhkan Obar sobarna warga setempat. Rumahnya kerap mengalami banjir akibat luapan air dari drainase.

Ia juga berharap pemerintah segera melakukan tindakan perbaikan. ”Semoga masalah banjir ini cepat diatasi,” pungkasnya. (Ujang/Saepul/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *