March 29, 2024

HUT ke 74 Polwan, Kapolres Demak: Jadi Garda di Depan dan Siap Ditugaskan Dimana Saja

Demak, Patroli-
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Polwan tahun 2022 diperingati dengan meriah di Polres Demak dengan berbagai macam kegiatan.

Beberapa kegiatan diantaranya bhakti sosial (baksos) memberikan bantuan kepada masyarakat tidak mampu dan memberikan bantuan kepada personil Polri yang sudah purna tugas.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Demak AKBP Budi Ady Buono kepada awak media di Demak, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (12/8).

Ia juga mengatakan, HUT Polwan kali ini juga ada kegiatan pemberian bantuan kepada personil Polres Demak yang meninggal karena Covid-19.

”Sehingga keluarga yang ditinggalkan, yaitu anak dan anak dan istri masih mendapatkan perhatian dari Polri. Bantuan yang diberikan dalam bentuk bingkisan,” jelas AKBP Budi Adhy Buono.

Ditambahkannya, dalam moment yang sama pihak Polres Demak juga menggelar kegiatan ’Operasi Siaga Wali’ yang dilakukan setiap Sabtu malam atau malam Minggu.

”Sementara untuk kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh Polwan terbagi di 14 kecamatan yang berada di wilayah hukum Polres Demak dan dibantu juga oleh relawan,” ungkap Budi Adhy.

Kapolres Demak itu menerangkan, bahwa berkaitan dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Polwan dan Polri sama saja tidak ada perbedaan.

”Tinggal nanti di bidang operasional atau pembinaan. Jika operasional seperti di Satlantas, Satintel, dan Satreskrim. Dan jika di bidang pembinaan seperti Bagren, Bag SDM, Bag logistik. Akan tetapi pada dasarnya sama saja,” paparnya.

Kapolres Demak itu menambahkan bahwa Tupoksi Polri kebanyakan di operasional. ”Kalau di staf dan pembinaan hanya ada 2 atau 3 personil. Sedangkan di Polsek atau satuan kebanyakan di operasional,” tuturnya.

Menurut Budi Adhy, Polwan juga banyak ditempatkan di Satreskrim dan Satlantas. Dikatakannya, jika ada kegiatan pengaturan di lapangan Polwan ikut serta atau di penyidikan pemeriksaan.

Dirinya juga menyebutkan, bahwa di Polres Demak terdapat kegiatan yang dilaksanakan oleh Polwan yang bernama SEJABAT, yaitu Polwan yang bertugas menjaga tempat ibadah masjid pada hari Jumat.

Disamping itu kegiatan SEJABAT Kepolisian di Demak juga menggelar patroli menjaga tempat-tempat ibadah lainnya. ”Hal ini dilakukan baik di Polres atau pun di Polsek-Polsek,” tandasnya.

Sedangkan untuk kenaikan pangkat, sambung Budi Adhy, Polwan dan Polri sama saja alias tidak ada perbedaan serta disesuaikan oleh masa kedinasan dan perjalanan karirnya.

Diungkapkan oleh AKBP Budi Adhy Buono, semenjak dirinya menjabat sebagai Kapolres Demak ada inginan untuk membentuk adanya Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) wanita. Akan tetapi harus melihat karakteristik wilayahnya dan dari segi keamanan personilnya.

“Kalau personil Polwan mampu, sehat, dan kuat itu bisa menugaskan, akan tetapi jika tidak ya percuma. Nanti akan menjalankan tugasnya tidak maksimal. Selanjutnya untuk harapan ke depannya Polwan harus bisa menjadi garda di depan dan mampu untuk ditugaskan dimanapun berada,” tutupnya. (EM/Foto: Ilustrasi/Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *