March 4, 2024

Rp2,1 Triliun Lebih, Bupati Berau Sampaikan Raperda APBD TA 2023

Tanjung Redeb, Patroli-
Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Berau Tahun Anggaran (TA) 2023 pada Rapat Paripurna DPRD Berau, di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (26/9).

Sri Juniarsih Mas menyampaikan, Raperda APBD Kabupaten Berau TA 2023 mengacu kepada kebijakan pendapatan dan penerimaan pembiayaan, maka TA 2023 direncanakan sebesar Rp 2,1 triliun lebih. “Secara garis besar Raperda APBD Tahun 2023 kita sebesar Rp2,1 triliun lebih,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, bahwa ada dua jenis pendapat yang akan diterima, yaitu dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pendapatan transfer.

“Pendapatan daerah sebesar Rp2,1 triliun yang bersumber dari PAD direncanakan akan mencapai sebesar Rp 228,180 miliar, dan pendapatan transfer direncanakan sebesar Rp, 1,874 triliun lebih,” ucap Sri merinci.

Sementara untuk belanja daerah pada APBD TA 2023 sendiri, sambungnya, direncanakan sebesar Rp2,1 triliun lebih, yakni belanja operasi, belanja modal, belanja tak terduga dan belanja transfer.

“Untuk pembiayaan daerah sendiri Rp0. Sedangkan pengeluaran pembiayaan juga direncanakan Rp0,” tambah Bupati Berau tersaebut.

Lebih lanjut Sri mengatakan, bahwa pihaknya juga menyampaikan nota keuangan Raperda APBD Tahun 2023 Kabupaten Berau beserta lampirannya.

Kepada pihak DPRD Berau, dirinya juga meminta agar nota tersebut selanjutnya untuk dibahas, diteliti dan disempurnakan serta mendapat persetujuan untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Menurut Sri Juniarsih Mas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) telah siap sepenuhnya untuk bersama-sama membahas rancangan APBD TA 2023.

“Semoga pembahasan nantinya dapat kita selesaikan tepat pada waktunya, agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan sesuai waktu yang telah direncanakan,” imbuhnya. (Man/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *