June 13, 2024

Lanal Cilacap Selalu Sosialisasi Keamanan di Laut

Cilacap, Patroli-
Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo saat ditemui wartawan di ruang kerjanya mengatakan bahwa kegiatan dilakukan selama ini yang sifatnya intern dan rutinitas.

Selain itu, Lanal Cilacap baru saja melaksanakan kegiatan besar termasuk penanaman mangrove ekspedisi maritime dan masih banyak lagi.

Ada pula kegiatan yang sifatnya spontan seperti donor darah, bantuan sosial kepada tukang becak dan penerima manfat di sekitar daerah pesisir.

Berkaitan dengan potensi kelautan, sebetulnya secara kewilayahan yang perlu digali adalah bagaimana masyarakat bisa mencari ikan dengan aman dan nyaman.

Hal tersebut perlu diperhatikan terutama bagi nelayan yang melaksanakan mau melaksanakan patroli laut hingga ke laut selatan, maka para nelayan harus membawa alat keselamatan seperti pelampung dan lain-lain. Hal inilah yang disosialisasikan oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap.

Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo menjelaskan, selama ini di wilayah kerja Lanal Cilacap cukup kondusif, walaupun terkadang ada nelayan dari Pangandaran yang mencari ikan di perairan sekitar Cilacap.

”Selama ini tidak ada keributan karena telah sama-sama menyadari, artinya terkadang nelayan Cilacap saat melaut tidak ada ikan mereka lari ke Pangandaran. Pada prinsipnya siapa saja boleh melaut, akan tetapi harus mematuhi persyaratan dan ketentuan-ketentuan, prosedur yang berlaku,” jelasnya.

Sehubungan dengan wilayah hukum, Lanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo juga menambahkan bahwa pihaknya mempunyai daerah operasi keamanan laut mulai dari Cilacap sampai Purworejo termasuk Kebumen.

”Hingga saat ini masih dalam keadaan kondusif dikarenakan kebanyakan nelayan masih tradisional. Lanal Cilacap mempunyai satu armada kapal dan baru mengajukan ke pimpinan sea rider perahu karet yang sangat efektif untuk kegiatan patroli laut sampai Yogya dan Purworejo,” jelasnya.

Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo juga menjelaskan bahwa selama ini pihaknya menggali informasi dan koordinasi dengan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) untuk patroli.

Untuk itu dirinya tidak bosan-bosan untuk mengingatkan kepada masyarakat dan mensosialisasikan keamanan di laut, misalkan kepada para nelayan yang hendak melaut. ”Sebelum ke laut, nelayan harus mempersiapkan dokumen serta alat keselamatan berlayar,” pungkasnya. (Endang/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *