Pemerintah Resmikan 4 Provinsi Baru di Papua, Polri Siapkan Polda Baru

Jakarta, Patroli-
Polri masih melakukan kajian dalam pembentukan Polda baru usai pemerintah meresmikan empat provinsi baru di Tanah Papua, yaitu Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya.

Kajian Polda baru dilakukan oleh Bidang Staf dan Perencanaan (Srena), Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Polri dan pihak terkait.

Menurut Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, pembentukan Polda baru ini merupakan kesempatan bagi para personel Polri putra daerah untuk mendapatkan posisi yang lebih strategis.

“Tentunya Polri juga mempersiapkan untuk di wilayah pemekaran tersebut yang nantinya akan menjadi ibu kota provinsi akan ada polda baru yang nanti kita siapkan,” kata Kapolri usai memberi pengarahan kepada prajurit TNI-Polri di Markas Koarmada II, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (11/1).

Menurutnya untuk mempersiapkan polda di semua daerah otonom baru (DOB) di Papua, Polri akan mempersiapkan personel dari level bintara hingga perwira. Rekrutmen tambahan dan rekrutmen khusus akan diadakan untuk mempercepat hal ini terwujud.

“Tentunya ini juga kesempatan bagi yang lain juga untuk mengisi posisi-posisi di middle manager yang nanti kita siapkan. Semuanya akan kita sesuaikan dengan proses dari pengembangan ibu kota provinsi yang baru,” ucap Kapolri, dilansir portal humas.polri.go.id, Rabu (11/1).

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga menegaskan bahwa pembentukan Polda baru dan satuan kewilayahan di bawahnya untuk mendekatkan pelayanan kepolisian di masyarakat.

“Pembentukan polda baru dan satuan kewilayahan di bawahnya untuk mendekatkan pelayanan kepolisian,” imbuhnya. (Red/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *