May 19, 2024

Polairud Polresta Cilacap Selalu Jalin Komunikasi dengan Masyarakat Nelayan

Cilacap, Patroli-
Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polresta Cilacap selalu mengedepankan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) perairan dengan luas wilayah perairan perbatasan Kebumen dan Pangandaran.

Dikarenakan keterbatasan personil, maka Polairud Cilacap harus menggandeng masyarakat perairan dengan cara membangun komunikasi masyarakat maritim. Sehingga jika ada permasalahan di masyarakat perairan akan mudah dan cepat ditangani.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satuan (Kasat) Polairud Polresta Cilacap AKP Huda Syafi’I, di ruang kerjanya di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Jum’at (3/2).

Ditambahkannya, Polairud Polresta Cilacap juga membentuk relawan SAR Arnavat yang sebulan sekali dikumpulkan dan sekaligus sosialisasi tentang kemanusiaan.

“Untuk desa pesisir ada 73 yang dibina oleh Satpolairud Polresta Cilacap, berkaitan dengan satu desa satu kapal sudah menjadi ranah Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud),” jelas AKP Huda Syafi’I.

Satpolairud Polresta Cilacap, menurutnya baru mempunyai dua kapal. Kalau merujuk satu desa, tambahnya, satu kapal belum bisa karena keterbatasan kapal.

“Maka kita bentuk Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM), dengan satu FKPM satu polisi memantau. Jadi komunikasinya cepat,” imbuh Kasat Polairud Polresta Cilacap.

Foto: Ilustrasi/Istimewa

Sebelumnya dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Polairud ke 72, Polresta Cilacap menggelar kegiatan donor darah di Aula Patriatama Polresta Cilacap, Jateng, pada bulan November tahun 2022 lalu.

Kegiatan donor darah dilakukan sebagai kepedulian Polri untuk melayani masyarakat yang membutuhkan darah.

Di bulan Juni tahun 2021, Kapolres Cilacap memberikan reward atau penghargaan kepada sebanyak 21 personel Polres Cilacap yang dinilai berprestasi dengan menunjukkan kinerja baik dalam menjalankan tugasnya.

AKP Huda Syafi’I dan Aipda Yasin Nur Yahya mewakili Satpolair Polresta Cilacap menerima reward kategori Peringkat Terbatas Bagian atau Satuan atau Seksie.

Dalam mendukung program Kapolri melalui tagline PRESISI, pemberian penghargaan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kinerja personel polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. (EM/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *