March 29, 2024

Capai 30 Persen, Pemkab Tangerang Genjot Pembangunan RSUD Tigaraksa

Tangerang, Patroli-
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus menggenjot percepatan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tigaraksa Tipe C. Hingga saat ini, realisasi pembangunan fisik sudah mencapai 30 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis mengatakan, pembangunan RSUD Tigaraksa di Kampung Pabuaran terus menunjukkan peningkatan. Pembangunan diharapkan bisa dapat selesai pada akhir tahun 2023.

“Struktur gedung utama telah selesai (lantai 5), kemudian saat ini sedang melakukan pekerjaan finishing dinding dan ACP pada fasade depan dari gedung utama. Semua struktur gedung penunjang sudah berproses, gedung IPSRS dan kantin sudah masuk pekerjaan finishing dinding,” ujar Achmad Mukhlis, Selasa (30/5).

Ia mengatakan rumah sakit ini nantinya akan mencakup pelayanan kesehatan khususnya di delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Tigaraksa, Solear, Cisoka, Cikupa, Panongan, Curug, Jambe dan Legok.

“Pembangunan RSUD Tigaraksa merupakan program Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk mewujudkan Tangerang Sehat sesuai dengan RPJMD. Selain itu, RSUD Tigaraksa nantinya bisa mengakomodasi layanan kesehatan khususnya bagi 1,5 juta penduduk di delapan kecamatan terdekat,” jelasnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang itu juga menambahkan, pelayanan yang akan diberikan merupakan pelayanan IGD, Radiologi, USG, Laboratorium, pelayanan kesehatan umum, Poli gigi, Poli mata, THT, pelayanan ibu dan anak, kebidanan dan kandungan, bedah, paru, jantung, penyakit dalam, persalinan, ICU, HCU, NICU, PICCU, ICCU, tindakan bedah, dan rawat inap.

“Berdasarkan PP Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Rumah Sakit, untuk tipe C kapasitas kamar tidur sekitar 150. Dan akan dilengkapi dengan 3 kamar untuk operasi,” pungkas Achmad Mukhlis. (Syuhada/Foto: Ist./Diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *