June 14, 2024

25 Anggota Perajanusa Jalani Sumpah Organisasi Advokat


Jakarta, Patroli-
Persatuan Advokat Jelajah Nusantara (Perajanusa) menggelar acara pelantikan dan mengambil sumpah organisasi advokat sebanyak 25 anggotanya, Kamis (6/7).

Kegiatan dilaksanakan di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPN) Perajanusa di Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur, dan dipimpin langsung Ketua Umum (Ketum) Perajanusa Imam Mahmudimy, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perajanusa Lailatul Januar Fitria Hajar beserta para pengurus pusat.

Pengambilan sumpah juga diikuti oleh para anggota Perajanusa yang berasal atau berada di luar wilayah Jawa Timur secara daring atau online melalui aplikasi zoom.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ dan ‘Mars Perajanusa’ disusul dengan pembacaan doa. Kemudian Ketum Perajanusa Imam Mahmudimy membimbing para anggotanya dengan membacakan janji dan sumpah organisasi advokat.

Foto: Dok./Istimewa
Foto: Dok./Istimewa
Ketum Perajanusa Imam Mahmudimy, S.H., S.Ag.,M.M.,M.H. didampingi Sekjen Perajanusa Lailatul Januar Fitria Hajar, S.H. (Foto: Dok./Ist.)

Dalam sambutannya, Imam mengatakan bahwa setelah dilakukan sumpah para anggota Perajanusa harus taat kepada kode etik advokat.

“Para peserta yang sudah disumpah hari ini, selanjutnya dalam mengemban amanat sebagai advokat harus tunduk kepada kode etik advokat,” ujarnya.

Foto: Dok./Ist.
Foto: Dok./Ist.

Ditambahkan oleh Imam, para anggota yang dilantik dan diambil sumpah setelahnya akan dibekali dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) organisasi advokat (OA) Perajanusa.

“Saya berikan KTA anggota advokat dan sudah bisa melakukan praktek di lapangan untuk non litigasi dan saya harap kepada anggota bertindak tegas lugas dan jujur dan berempati terhadap masyarakat yang tidak punya (mampu) dalam mencari keadilan,” tuturnya.

Purnawirawan Polri dengan nama dan gelar lengkap Imam Mahmudimy, S.H., S.Ag.,M.M.,M.H. juga menegaskan kepada anggotanya supaya cepat dan tepat dalam membantu mendampingi bantuan hukum. “Demi kebenaran dan keadilan, siapapun yang menghalangi kita lawan,” pungkasnya.

Dipenghujung acara Ketum Perajanusa Imam Mahmudimy secara resmi menyerahkan lembar Surat Keputusan (SK) anggota dan KTA kepada seluruh anggota yang telah diambil sumpah organisasi advokat. Acara kemudian ditutup dengan doa dan pengambilan foto bersama. (Fy/Foto: Dok./Ist.)

Foto: Dok./Istimewa
Foto: Dok./Istimewa
Foto: Dok./Istimewa
Foto: Dok./Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *