Kepala BIN Papua Gugur Ditembak KKB di Distrik Beoga

Jakarta, Patroli-
Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Dani Nugraha Karya, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (25 /4), di Distik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Kantor berita Antara, Minggu (25/4), merilis Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhri saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut.

“Memang benar Brigjen TNI Putu Dani yang menjabat Kabinda dilaporkan meninggal di Beoga namun hingga kini belum ada laporan lengkapnya,” kata Mathius Fakhiri, Minggu, (25/5).

Dihimpun dari berbagai sumber, Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Dani Nugraha Karya gugur ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Beoga, Papua. Ada kabar sebelumnya sempat terjadi baku tembak antara petugas dengan KKB di lapangan.

Brigjen TNI I Gusti Putu Dani Nugraha tertembak saat meninjau lokasi pembakaran yang dilakukan KKB di Beoga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Aksi pembakaran di Beoga berlangsung dua pekan lalu.

Salah satu putera terbaik asal Pulau Bali itu sebelum berdinas di Papua merupakan Perwira Menegah (Pamen) dengan pangkat Kolonel yang bertugas di Denma Markas Besar TNI AD (Mabesad) ini dengan pangkat Kolonel.

Danny selama di TNI AD pernah menyandang sejumlah jabatan, antara lain Asintel Kodam Jaya. Dia juga pernah menjabat Kapok Sahli Pangdam Jaya di era Joni Supriyanto.

Selanjutnya berdasarkan mutasi jabatan sesuai Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/503/VI/2020 tanggal 18 Juni 2020, ia ditunjuk sebagai Kabinda Papua menggantikan Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon.

Di tahun yang sama, tepatnya pada tanggal 25 Juli, Gusti Putu Dani Nugraha mengalami pecah bintang dan menyandang pangkat bintang satu dibahu atau Brigjen. (Red/Foto: Ist./Ilustrasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *