Gelar Patroli PPKM Level 3, Kapolsek Bayongbong Garut Ajak Masyarakat Disiplin Prokes

Garut, Patroli-
Polsek Bayongbong bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut menggelar patroli PPKM Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Pos Patuh Protokol Kesehatan (Prokes) kawasan pasar tradisional Andir Bayongbong, Garut, Jawa Barat, Minggu (1/8).

Kegiatan patroli dipimpin Kapolsek Bayongbong AKP Cecep Bambang beserta anggotanya Aipda Tedih Taryana, Bripka Ropik, Bripka Kurnia Dana, dan Brigadir Jaka. Sementara dari pihak Dinas Perhubungan (Dishub) ada 4 orang, serta Dinas Pasar yang diwakilkan 2 orang.

Pada kesempatan itu AKP Bambang mengatakan, patroli skala besar tersebut bertujuan untuk mengimbau masyarakat agar tetap mentaati aturan di masa penerapan PPKM Level 3.

“Hari minggu, hari ke 29 PPKM, untuk itu kami dari jajaran kepolsian Polsek Bayongbong Polres Garut bersama Forkompinda terus melakukan kegiatan patroli skala besar ke tempat-tempat keramaian yang berada di pasar tradisional Andir bayongbong,” ucapnya.

Dijelaskan oleh Bambang, bahwa pelaksanaan kegiatan hari itu meliputi rekayasa lahan parkir pengunjung pasar, guna membantasi pengunjung yang masuk ke kawasan pasar dengan estimasi pengunjung pasar di saat normal yang berjumlah 660 orang.

“Dari sekian pengunjung roda dua sebanyak 230 atau sama dengan 460 orang. Pengguna roda empat angkutan kota (angkot) sekitar 200 orang,” terangnya.

Menurutnya dengan adanya rekayasa buka tutup pintu masuk lahan parkir roda empat di pasar menjadi maksimal 130 orang juga untuk roda dua menjadi 260 orang. Sehingga dapat mengurangi jumlah pengunjung di kawasan pasar.

Selain melakukan antisipasi pembatasan jumlah kendaraan pengunjung yang memasuki pasar, para petugas juga tak lupa memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi prokes dengan menjaga jarak (social distancing) serta memakai masker dengan benar.

“Dalam patroli ini kita juga telah membagikan masker kepada masyarakat baik ke pengendara roda dua dan roda empat juga ke pengunjung. Semoga dengan masker tersebut bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat,” ujar Kapolsek Bayongbong itu.

Dirinya menambahkan, bahwa hasil kegiatan patroli hari Minggu, ada sebanyak 10 orang yang diberikan teguran lisan dan sebanyak ratusan masker diberikan kepada masyarakat di sepanjang jalan pasar tradisional Andir Bayongbong.

“Kami juga mengimbau kepada warga masyarakat Andir Bayongbong Kabupaten Garut, mari kita sama-sama jaga protokol kesehatan dan kita sama-sama menerapkan aturan PPKM Level 3 ini,” tuturnya.

AKP Cecep Bambang tak bosan untuk terus mengajak seluruh masyarakat supaya mendukung upaya pemerintah dengan ikut menerapkan PPKM Level 3 dalam rangka untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Selalu mematuhi protokol kesehatan di manapun berada. Seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya. (Ujang/Foto: Ist.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *