HUT ke 76 TNI AL, Ketua FBN RI DPW Provinsi Banten: Jayalah Selalu Ksatria Bangsa

Kabupaten Tangerang, Patroli-
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengeluarkan perintah bagi seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) untuk bersiap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, perbatasan laut dan pulau-pulau terluar meskipun saat ini serangan pandemi Covid-19 melandai.

Hal itu disampaikannya saat memimpin upacara peringatan hari jadi TNI AL ke 76, di Lapangan Trisila Markas Besar Angkatan Laut (Mabes AL), Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (10/9).

Puncak peringatan Hari Jadi ke 76 TNI AL yang mengusung tema ‘Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’, digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat.

Dalam amanahnya, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono juga menekankan bahwa konsep ‘Operational Ready Force’ atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata.

“Indikatornya adalah makin banyak satuan-satuan operasi yang siap tempur, makin cepat dikerahkan dan mampu berlayar, terbang, serta patroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan,” kata mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I ini dalam siaran persnya.

Disadari oleh Laksamana Yudo, bahwa sebagai komponen utama pertahanan negara di laut, TNI AL senantiasa mendukung kebijakan pemerintah menghadapi tantangan nyata, diantaranya penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Jiwa dan semangat prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik,” pungkasnya.

Bangga Memiliki TNI AL

Sementara itu Ketua Forum Bela Negara Republik Indonesia (FBN RI) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Banten Rebo Muhidin menyampaikan ucapan selamat Dirgahayu TNI AL ke 76 yang jatuh pada tanggal 10 September 2021.

Menurutnya kehadiran TNI AL tentu sangat penting dalam menjaga keamanan laut dan kedaulatan Indonesia sesuai dengan semboyan yang selalu melekat dalam jiwa kesatria prajurit TNI AL.

Ditegaskannya bahwa keberadaan TNI AL dalam mengawal kawasan maritim Indonesia merupakan pilar dan sendi demi keutuhan sebuah bangsa yang wilayahnya dominan dengan perairan.

“Dirgahayu TNI AL ke 76. Terima kasih atas segala pikiran dan tenaga yang tercurahkan untuk bangsa. Semoga semakin kuat mempererat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia,” ucap Rebo Muhidin, Jumat, (10/9).

Ketua FBN RI DPW Provinsi Banten itu menambahkan, bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah pelaut, sesuai dengan seruan TNI AL ‘Jalesveva Jayamahe’ yang artinya ‘Justru di Laut Kita Jaya’.

“Dengan semangat Jalesveva Jayamahe, mari mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh guna mendukung Indonesia maju. Bangga memiliki TNI AL, jayalah selalu ksatria bangsa, jayalah Indonesiaku,” imbuhnya. (Syuhada/Foto: Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *