Apresiasi Kolaborasi Anak Bangsa, Anies: JIS Bukti Indonesia Mampu Hadirkan Karya Kolosal

Jakarta, Patroli-
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board), Pancoran Soccer Field (PSF), PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) dan MNC Media sukses menggelar Soft Launching Jakarta International Stadium (JIS) Malam #StadionKita, kendati sempat tertunda pada Desember 2021.

Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan International Youth Championship (IYC) yang menjadi rangkaian acara untuk mengenalkan JIS sebagai sebuah simbol baru kolaborasi, inklusivitas, keberlanjutan regenerasi urban dan kebangkitan ekonomi kota Jakarta.

Dalam sambutannya, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa JIS menjadi salah satu dari deretan bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar karena mampu mempersembahkan karya kolosal, karya yang tak hanya setaraf nasional, tetapi juga mendunia.

“Ini adalah hari bersejarah bagi kita semua. Stadion ini menjelaskan bahwa Jakarta sebagai kota megapolitan terbesar di belahan bumi selatan dan sebagai Ibu Kota di ASEAN. Stadion ini diharapkan memberikan masa depan yang cerah, sekaligus menjadi bagian dari perjalanan penting sejarah bangsa Indonesia,” ujar Anies, pada Selasa (19/4) malam.

Gubernur Anies juga menjelaskan bahwa JIS ini dibangun dengan semangat mengejar kesempurnaan proses sebuah pembangunan.

Hal ini telah mencatat berbagai rekor dalam dunia konstruksi dan akan menjadi tolok ukur baru yang harus dikejar oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Selain itu, ia juga menambahkan, JIS ini dibangun dengan rasa penuh penghormatan kepada alam.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dan tim Barcelona U18 di JIS. (Foto: Ist.)

“Kita adalah bagian dari alam dan kita lakukan pembangunan dengan melindungi alam melalui predikat Platinum Green Building. Sehingga, ini telah menjadi komitmen kita sejak awal perancangan JIS. Ini tidak boleh menjadi beban bagi alam, tapi ini harus bisa menjadi contoh sebuah bangunan yang justru menopang kelestarian alam,” pungkasnya.

Seperti diketahui, rangkaian Soft Launching ini menghadirkan pertandingan International Youth Championship yang mendatangkan klub Atletico Madrid U-18, Barcelona U-18, Bali United U-18 dan Indonesia All Star U-20. Dua klub asal Eropa, Atletico Madrid U18 dan Barcelona U18 berhasil meraih tempat di partai final.

Soft Launching JIS dimeriahkan dengan penampilan seni pada Malam #StadionKita yang melibatkan 75 penampil hingga 127 pekerja kreatif. Penyanyi Yura Yunita didaulat menjadi salah satu pengisi acara.

IYC dijuarai oleh Barcelona U-18 dengan perolehan skor 1-0 mengalahkan Atletico Madrid U-18. Piala dan penghargaan bagi pemenang diserahkan langsung oleh Gubernur Anies dan Direktur Utama JXB, Novita Dewi.

Adapun penghargaan Individual Player diberikan kepada Best Goalkeeper Ahludz Dzikri Fikri dari Indonesia All Star U-20, Top Scorer Jan Molina Vilaseca dengan sebanyak 3 gol dari klub Barcelona U-18, dan Best Player yaitu Xavier Moreno asal klub Barcelona U-18.

Berita: Red | Foto: Ist.

Leave a Reply