Pastikan Bantuan untuk Korban Lancar Tersalurkan, Anies Tinjau Pasar Gembrong

Jakarta, Patroli-
Kebakaran yang melanda Pasar Gembrong, Jakarta Timur, pada Minggu malam (24/4) membuat sebagian bangunan rumah tinggal maupun tempat berjualan pedagang hangus dilahap si jago merah.

Api akhirnya dapat dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran bersama warga berjibaku, pada Senin (25/4) dini hari.

Guna memastikan proses mitigasi kebakaran Pasar Gembrong, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung kondisi terkini lokasi pasar.

“Terkait dengan kejadian kebakaran yang terjadi tadi malam, jadi ini adalah sebuah musibah dan kita akan langsung melakukan tindakan bantuan untuk masyarakat yang terdampak,” ucap Gubernur Anies dalam peninjauannya, Senin (25/4) pagi.

Proses mitigasi berlangsung dengan baik di mana bagi warga yang terdampak telah disiapkan kebutuhan dasarnya, baik itu sandang, pangan, maupun tempat sementara untuk tinggal.

Foto: Ist.

Selain itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi DKI Jakarta juga bersiaga menyiapkan catatan kependudukan bagi warga yang dokumen pentingnya terbakar.

“Bagi warga, disiapkan tempat tinggal sementara, seluruh kebutuhan dasarnya, makan atau minum dan sandang disiapkan, sehingga warga bisa tetap tinggal sementara di sini dan tidak terlantar. Kemudian, Dukcapil menyiapkan catatan kependudukan, sehingga dokumen yang terbakar akan bisa langsung disiapkan penggantinya,” jelasnya.

Selain bantuan bagi warga yang terdampak, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan bantuan kepada para pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Gembrong.

Melalui PD Pasar Jaya, pedagang yang terdampak mendapatkan lokasi sementara untuk berjualan dan modul usaha untuk pedagang memulai kembali bisnisnya.

“Kepada para pedagang yang terdampak, mereka akan disiapkan oleh Pasar Jaya tempat berjualan, di kawasan pasar sudah ada 40 kios yang disiapkan dan jumlah pedagang yang terdampak ada 40. Jadi, insya Allah bisa disiapkan di situ,” papar Anies.

Foto: Ist.

“Mereka juga diberikan bantuan berupa modal agar mereka punya bekal awal untuk memulai lagi, apalagi menjelang akhir Ramadan yang sebenarnya terjadi perputaran perekonomian yang bisa mereka nikmati,” lanjutnya.

Selain itu, guna memastikan kesehatan korban terjaga dengan baik, Pemprov DKI juga menyediakan layanan kesehatan, baik itu yang sifatnya fisik maupun psikologis.

“Setelah ini, ada layanan recovery. Kita ada rehabilitasi psikis yang akan membantu anak-anak ataupun orang dewasa mengatasi trauma. Tapi, pada fase ini adalah fase menyelamatkan dan memastikan kelangsungan hidup agar mereka sehat baik secara fisik maupun psikis,” terangnya.

Terakhir, Gubernur Anies juga mengapresiasi respons cepat seluruh pihak sehingga proses mitigasi dapat berjalan dengan baik.

“Jadi, kami di Pemprov DKI tidak akan membiarkan warga sendirian, kami akan dampingi, bantu, dan pastikan semua dukungan yang diperlukan bisa diberikan. Saya apresiasi para pimpinan masyarakat, baik RT, RW, LMK, Dinas Gulkarmat dan lain-lain yang telah bekerja non-stop membantu warga,” tandasnya. (Red/Foto: Ist.)

Leave a Reply