Giat Ramadhan 2022 Polres Demak, Galang Zakat Fitrah untuk Masyarakat

Demak, Patroli-
Kepolisian Resor (Polres) Demak menggelar kegiatan penyerahan zakat fitrah di bulan suci Ramadhan 1443 hijriah. Acara penyerahan zakat fitrah dilaksanakan di Mapolres Demak, Jawa Tengah, Jumat (29/4).

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono menyampaikan, pada bulan suci Ramadhan khususnya umat Islam ingin berlomba-lomba meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Disampaikannya, bahwa zakat fitrah yang diserahkan ke masyarakat sekitar ataupun para penerima manfaat merupakan hasil menghimpun atau penggalangan dari anggota Polres Demak.

“Kali ini di Polres Demak berhasil mengumpulkan zakat fitrah dari sebanyak 867 personil, berupa beras sejumlah 2427,5 kg dan uang sejumlah Rp1.015.000. Penerima zakat mendapatkan 2,5 kg beras per orang, jika berupa uang sejumlah Rp35.000 per orang,” katanya, disela-sela kegiatan.

Suasana penyerahan zakat fitrah kepada penerima manfaat di Mapolres Demak, Jawa Tengah. (Foto: Ist./EM)

Budi Adhy menambahkan, secara simbolis zakat fitrah sudah diberikan untuk masyarakat yaitu berupa beras supaya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan di rumah.

”Kegiatan pembagian zakat ini bukan hanya dilakukan di Polres Demak saja, tetapi juga di seluruh kecamatan oleh 14 Polsek dengan serentak membagikan zakat fitrah,” ungkapnya.

Di bulan suci Ramdhan ini, lanjut AKBP Budi Adhy Buono, selain pembagian zakat dirinya juga mengajak personilnya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui berbagai kegiatan.

”Antara lain khataman Qur’an, sholat tarawih, kegiatan setelah sholat, kuliah tujuh menit (kultum), dan bagi takjil untuk masyarakat umum,” papar Kapolres Demak itu.

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono sedang memantau langsung kegiatan penyerahan zakat fitrah di Mapolres Demak, Jawa Tengah. (Foto: Ist./EM)

Sedangkan bagi personil atau anggota yang beragama Islam, sambungnya, diminta untuk memakmurkan masjid biar tidak kosong, terutama saat sholat tarawih di masjid Polres Demak.

”Tujuan kegiatan-kegiatan tersebut supaya personil saya dibentengi dengan ketaqwaan, sehingga dapat meminimalisasi terkait dengan pelanggaran anggota. Kalau tidak diingatkan pasti miring-miring,” pungkasnya. (Endang M/Foto: Ist.)

Leave a Reply