HUT ke 495 Jakarta, Marullah: Bertajuk Jakarta Hajatan dengan Tema Kolaborasi-Akselerasi-Elevasi

Jakarta, Patroli
DKI Jakarta bersiap merayakan ulang tahunnya ke 495 dalam rangkaian acara bertajuk ’Jakarta Hajatan’ yang bakal dibuka dengan Launching Digital Nomad Island di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu.

Diselenggarakan pada tanggal 24 Mei-25 Juni 2022, ’Jakarta Hajatan’ membawa tema ’Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi (Collaborate, Accelerate, Elevate)’.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, hadirnya tema ini sebagai pesan optimisme sekaligus bukti untuk seluruh elemen di kota, maupun dunia atas ragam usaha yang telah, sedang,dan akan terus dilakukan Jakarta ke depan.

Ia menambahkan, tema tersebut sekaligus merefleksikan kembali semangat kolaborasi yang sudah didengungkan selama lima tahun ke belakang.

“Hal tersebut dilakukan dengan dasar semangat kolaborasi sebagai identitas kota Jakarta (Kolaborasi), semangat mendorong pertumbuhan guna menghadapi ragam isu global (Akselerasi) untuk mewujudkan visi mengelevasi warga, maupun kota di tingkat global (Elevasi),” katanya, saat menghadiri media briefing ’Pencanangan Jakarta Hajatan ke 495’, Senin (23/5) di Balairung, Balaikota Jakarta.

Marullah menerangkan, ’Jakarta Hajatan’ hadir sebagai jenama (branding) baru untuk hari ulang tahun DKI Jakarta sejak tahun 2022 ini.

Menurutnya branding ini akan bersifat berkelanjutan dari tahun ke tahun pada setiap perayaan HUT Jakarta. ‘Hajatan’ memiliki makna selebrasi yang kental dengan nuansa Indonesia, yaitu resepsi atau selamatan akan sebuah pencapaian.

”Seluruh rangkaian acara Jakarta Hajatan ke 495 akan melibatkan berbagai lapisan masyarakat sebagai kolaborator serta tamu-tamu undangan mancanegara,” ungkap Marullah.

Foto: Ist.

Rangkaian perayaan Jakarta Hajatan ke 495, sambungnya, akan dibuka dengan ’Pencanangan Jakarta Hajatan ke 495 (Opening Ceremony: Jakarta’s 495th Anniversary Celebration & Digital Nomad Island Launching)’ di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu pada Selasa (24/5).

”Acara pembukaan ini akan diisi diskusi Jakarta Hajatan ke 495 dan Digital Nomad Island bersama tokoh publik dunia,” pungkasnya.

Untuk pertama kalinya, pencanangan ini akan dilakukan di Kepulauan Seribu. Direncanakan, turut hadir dalam acara ini adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Regional Director for East, Southeast Asia and Oceania C40 Cities, perwakilan dari Kementerian Pariwisata Maladewa, Aqsa Sutan Anwar selaku pegiat industri pariwisata, serta Ashari Yuda Pratama Putra selaku Digital Nomad di Indonesia.

Masyarakat dapat menyaksikan acara pembukaan ini melalui CNNTV, serta siaran langsung YouTube Pemprov DKI Jakarta pada Selasa, 24 Mei 2022 pukul 08.00 WIB.

Rangkaian acara Jakarta Hajatan ke 495 juga diisi dengan berbagai acara yakni, Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, Jakarta International Java Jazz, Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, +Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), Pekan Kolaborasi Daerah, Formula-E, +Jakarta Awards & Malam Resepsi, serta pagelaran dan perayaan lainnya, seperti aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukkan musik, pameran, hingga acara rutin, yakni Upacara dan Sidang Paripurna DPRD.

Jakarta Hajatan ke 495 akan ditutup dengan Closing Ceremony bersamaan dengan Grand Launching Jakarta International Stadium pada 25 Juni 2022. Sejumlah penyanyi ternama di Indonesia direncanakan hadir untuk turut menyemarakkan acara ini.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat melihat dan terus memantau informasi seluruh rangkaian Jakarta Hajatan ke-495 melalui media sosial Instagram @jakartahajatan serta situs resmi plusjakarta.com/jakarta-hajatan.

Melalui medsos dan situs tersebut, masyarakat dapat melihat detail informasi terkait acara, waktu, dan kalender kegiatan yang akan diselenggarakan pada rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Biro (Karo) Kepala Daerah (KDH) DKI Jakarta Mawardi, Karo Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta Andriansyah, dan Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta Nuruning Septarida. (Fy/Foto: Ist.)

Leave a Reply